Begini Cara 'Utbah bin Abu Lahab Menceraikan Ruqayyah Putri Rasulullah SAW

Kamis, 20 Januari 2022 - 13:33 WIB
loading...
A A A
Beberapa hari kemudian, pernikahan mereka pun berlangsung dengan tenang dan tentram. Ruqayyah dinikahi oleh Utbah ibn Abi Lahab sementara Ummu Kultsum dinikahi oleh saudaranya, Utaibah. Sang ayah yang penyayang, Muhammad, memberkahi pernikahan ini.

Beliau serahkan perlindungan kedua putrinya tersebut kepada Allah SWT. Demikian pula Sayyidah Khadijah yang melepaskan kedua putrinya dengan tetesan air mata. la pun lebih banyak meluangkan waktu untuk memberi perhatian kepada sang suami yang terpercaya dengan menjamin ketenangan dan kedamaian saat beliau melakukan ibadah kepada Allah SWT.

Di samping itu, Khadijah merawat putrinya terakhir yang tinggal bersamarnya, yang menjadi penghibur dan penyejuk hati baginya. la adalah Fathimah yang pada saat itu masih kecil, manja, dan dicintai oleh sang ayah.



Pada awalnya, Sayyidah Khadijah , kurang berkenan dengan pernikahan itu. Soalnya, beliau membenci perilaku ibu Utbah, Ummu Jamil binti Harb. Istri Abu Lahab itu terkenal berperangai buruk dan jahat. Ia khawatir putrinya akan memperoleh sifat-sifat buruk dari ibu mertuanya itu.

Kondisi itu benar adanya. Begitu Rasulullah SAW diutus menjadi rasul dan menerima wahyu, benih-benih konflik mulai timbul. Perasaan tidak senang mulai tampak pada diri Abu Lahab yang juga membawa-bawa keluarganya dalam permusuhan itu. Hubungan yang semula baik lambat laun menjadi renggang, bahkan putus. Dari yang semulanya keluarga dekat, Abu Lahab pun menjadi musuh bebuyutan.

Abu Lahab merasa terancam. Dia tidak ingin diri dan keluarganya kelak menjadi korban dari perubahan yang dilakukan Rasulullah SAW. Oleh karena itu, menurutnya, tidak ada jalan lain, kecuali mencabut akar perubahan itu sebelum kian tumbuh menjalar.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)