Pesan Habib Umar Bin Hafizh di Malam Pertama Ramadhan

loading...
Pesan Habib Umar Bin Hafizh di Malam Pertama Ramadhan
Ulama besar asal Hadhramaut Yaman, Al-Habib Umar bin Hafizh. Foto/dok Majelis Rasulullah
Alhamdulillah, malam ini kita memasuki malam pertama bulan suci Ramadhan setelah pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan puasa Ramadhan 1441 H jatuh besok Jumat (24/4/2020). Banyak nasihat dan pesan yang bisa kita petik untuk memuliakan Ramadhan tahun ini.

Salah satunya nasihat dari Ulama besar asal Hadhramaut Yaman, Al-Habib Umar bin Hafizh. Ulama yang juga Zurriyah Rasulullah SAW ini mengingatkan pentingnya menghidupkan malam pertama bulan Ramadhan dengan amalan ibadah.

"Hati-hati di malam pertama bulan suci Ramadhan, hindari televisi, hindari kesibukan duniawi yang bisa melalaikanmu dari zikrullah." kata Beliau dalam nasihatnya yang diposting di media sosial.

Habib Umar mengatakan, pada malam pertama bulan suci Ramadhan ini Allah Ta'ala akan memberikan pandangan rahmat-Nya. Dalam riwayat dikatakan Allah akan memandang semua penduduk bumi di malam pertama bulan suci Ramadhan. Allah akan memperhatikan semua makhluk-makhluknya. Allah akan melihat dengan pandangan kasih sayang-Nya.

Allah akan melihat dengan pandangan ampunan-Nya. Siapa di antara manusia yang pada malam pertama Ramadhan mendapatkan pandangan Allah, mendapatkan perhatian Allah, maka Allah berjanji tidak akan menyiksa orang itu sampai selama-lamanya.

"Kalau malam pertama. Allah melihat anda dalam keadaan tadarus Qur'an, dalam keadaan sujud tarawih, dalam keadaan ibadah kepada Allah. Di malam pertama anda beribadah kepada Allah, maka Allah beri pengumuman dalam riwayat ini Allah tidak akan menyiksa kalian. Kalian banyak dosa Allah ampuni dosa-dosa kalian," kata Habib Umar.

Maka dari itu kita harus jaga malam pertama. Kalau malam pertama kita mendapatkan pandangan-Nya, insya Allah di malam-malam selanjutnya Allah akan dipermudah untuk menghidupkan Ramadhan hingga berjumpa dengan malam Lailatul Qadar.

Allahu A'lam Bis Showaab
(rhs)
cover top ayah
قُلْ لِّـلۡمُؤۡمِنِيۡنَ يَغُـضُّوۡا مِنۡ اَبۡصَارِهِمۡ وَيَحۡفَظُوۡا فُرُوۡجَهُمۡ‌ ؕ ذٰ لِكَ اَزۡكٰى لَهُمۡ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ خَبِيۡرٌۢ بِمَا يَصۡنَـعُوۡنَ
Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu, lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.

(QS. An-Nur:30)
cover bottom ayah
preload video