4,9 Miliar Malaikat Membawa Jahanam pada Hari Kiamat

Kamis, 17 Februari 2022 - 18:19 WIB
loading...
4,9 Miliar Malaikat Membawa Jahanam pada Hari Kiamat
Sebuah hadits menyebut 4, miliar malaikat membawa jahanam pada hari kiamat (Foto/Ilusrasi: Ist)
A A A
Jumlah malaikat ternyata sangat banyak. Bahkan sebuah hadits menyebut malaikat yang membawa Jahanam pada hari Kiamat nanti adalah 4.900.000.000 malaikat.

Prof Dr Umar Sulaiman al-Asyqar dalam bukunya berjudul "Rahasia Alam Malaikat, Jin, dan Setan" menjelaskan malaikat itu adalah makhluk yang banyak dan tidak ada yang mengetahui jumlah mereka, kecuali Tuhan yang telah menciptakan mereka.

Allah SWT berfirman: “Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu, melainkan Dia sendiri." ( QS Al-Muddasir : 31)



Jika Anda ingin mengetahui banyaknya jumlah malaikat, kata Syaikh Umar Sulaiman, simaklah apa yang diungkapkan oleh Rasulullah SAW tentang Baitul Makmur yang berada di langit ketujuh: “Setiap hari, ternyata Baitul Makmur dimasuki oleh 70.000 malaikat dan mereka tidak pernah kembali lagi.” (HR Bukhari dan Muslim)

Dalam Shahih Muslim dari Abdillah diceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Pada hari itu didatangkanlah Jahanam yang memiliki 70.000 kendali dan masing-masing kendali dipegang oleh 70.000 malaikat.” (HR Muslim)

Berdasarkan hadis ini, malaikat yang membawa Jahanam pada hari Kiamat nanti adalah 4.900.000.000 malaikat.

Syaikh Umar Sulaiman mengatakan jika merenungkan nash-nash yang mengungkapkan tentang malaikat yang bekerja untuk tiap-tiap manusia, akan diketahui bahwa ada malaikat yang diberi tugas mengurus nuthfah, ada dua malaikat yang bertugas mencatat amal setiap manusia, beberapa malaikat untuk menjaga manusia, dan ada malaikat yang bertugas untuk menuntun serta membimbing manusia.

Allah Ta’ala berfirman:

وَمَا جَعَلْنَا أَصْحَابَ النَّارِ إِلَّا مَلَائِكَةً وَمَا جَعَلْنَا عِدَّتَهُمْ إِلَّا فِتْنَةً لِّلَّذِينَ كَفَرُوا لِيَسْتَيْقِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَاناً وَلَا يَرْتَابَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ وَالْمُؤْمِنُونَ وَلِيَقُولَ الَّذِينَ فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٌ وَالْكَافِرُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَذَا مَثَلاً كَذَلِكَ يُضِلُّ اللَّهُ مَن يَشَاءُ وَيَهْدِي مَن يَشَاءُ وَمَا يَعْلَمُ جُنُودَ رَبِّكَ إِلَّا هُوَ وَمَا هِيَ إِلَّا ذِكْرَى لِلْبَشَرِ


“Dan tiada Kami jadikan penjaga neraka itu melainkan dari malaikat. Dan tidaklah Kami menjadikan bilangan mereka itu melainkan untuk jadi cobaan bagi orang-orang kafir, supaya orang-orang yang diberi Al-Kitab menjadi yakin, dan supaya orang yang beriman bertambah imannya, dan supaya orang-orang yang diberi Al Kitab dan orang-orang mukmin itu tidak ragu-ragu dan supaya orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit dan orang-orang kafir (mengatakan), “Apakah yang dikehendaki Allah dengan bilangan ini sebagai suatu perumpamaan?” Demikianlah Allah membiarkan sesat orang-orang yang dikehendaki-Nya dan memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan tidak ada yang mengetahui tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. Dan Saqar itu tiada lain hanyalah peringatan bagi manusia.” ( QS. Al-Mudatsir [74]: 31)



Jumlah Malaikat
Dari sahabat Abu Dzarr radhiyallahu ‘anhu , Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنِّي أَرَى مَا لَا تَرَوْنَ، وَأَسْمَعُ مَا لَا تَسْمَعُونَ أَطَّتِ السَّمَاءُ، وَحُقَّ لَهَا أَنْ تَئِطَّ مَا فِيهَا مَوْضِعُ أَرْبَعِ أَصَابِعَ إِلَّا وَمَلَكٌ وَاضِعٌ جَبْهَتَهُ سَاجِدًا لِلَّهِ

“Sesungguhnya aku melihat yang tidak kalian lihat, mendengar yang tidak kalian dengar, langit merintih, dan laik baginya merintih. Tidaklah di sana ada tempat untuk empat jari, melainkan ada malaikat yang meletakkan dahinya seraya bersujud kepada Allah.” (HR. Tirmidzi no. 2312, dinilai hasan oleh Al-Albani)

Maksudnya, karena banyaknya jumlah malaikat, sehingga langit pun merintih ketika menopang berat mereka. Ini adalah permisalan jumlah malaikat yang sangat banyak.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ الْقَدْرِ لَيْلَةُ السَّابِعَةِ، أَوِ التَّاسِعَةِ وَعِشْرِينَ، وَإِنَّ الْمَلَائِكَةَ تِلْكَ اللَّيْلَةَ أَكْثَرُ فِي الْأَرْضِ مِنْ عَدَدِ الْحَصَى

“Malam lailatul qadar adalah malam yang kedua puluh tujuh atau kedua puluh sembilan. Jumlah malaikat di bumi ketika itu lebih banyak dari jumlah yang bisa terhitung.” (HR. Ibnu Khuzaimah dalam Shahih-nya, 3: 332, no. 2194. Sanadnya dinilai hasan oleh Al-Albani dalam Ash-Shahihah)

Dari ibunda ‘ Aisyah radhiyallahu ‘anha , Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah ada tempat untuk telapak kaki di langit dunia, kecuali di sana terdapat malaikat yang sedang sujud atau berdiri (shalat). Inilah perkataan malaikat,
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2120 seconds (0.1#10.140)