Pada Hari Kiamat Semua Makhluk Mati, Bagaimana dengan Malaikat?

Minggu, 20 Februari 2022 - 09:13 WIB
loading...
A A A
“Ya Allah, Tuhan Malaikat Jibril, Mikail, dan Israfil wahai Pencipta langit dan bumi: wahai Rabb yang mengetahui hal-hal yang gaib dan nyata, Engkau yang menghukumi (memutuskan) di antara hamba-hamba-Mu dalam perkara yang mereka perselisihkan. Tunjukkanlah aku, dengan seizin-Mu, pada kebenaran dalam perkara yang mereka perselisihkan.” (HR Muslim)



Malaikat Malik
Malaikat yang juga disebutkan namanya adalah Malik yang bertugas menjaga neraka.

Allah SWT berfirman: “Mereka berseru: "Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja." Ia menjawab: “Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)'.” ( QS Az-Zukhruf : 77)

Malaikat Ridwan
Ibnu Katsir mengatakan, “Penjaga surga adalah malaikat yang bernama Ridwan.” Hal ini dijelaskan dalam sejumlah hadis Rasulullah SAW (Al-Bidayah, jilid 1, hlm. 53)

Malaikat Munkar dan Nakir
Termasuk di antara malaikat yang disebut namanya oleh Rasulullah SAW adalah Munkar dan Nakir. Banyak hadis yang menyebut kedua malaikat ini berkaitan dengan pertanyaan (kepada orang yang mati) di dalam kubur.

Harut dan Marut
Ada dua malaikat yang disebut oleh Allah SWT dengan nama Harut dan Marut.

Dia berfirman: “Padahal, Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya setan-setanlah yang kafir (mengerjakan sihir). Mereka mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil, yaitu Harut dan Marut sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorang pun sebelum mengatakan: “Sesungguhnya, kami hanya cobaan (bagimu). Karena itu, janganlah kamu kafir'.” (QS. Al-Baqarah: 102)

Dari konteks ayat di atas, tampaklah bahwa Allah mengirim kedua malaikat ini sebagai cobaan bagi manusia pada suatu fase. Tentang kedua malaikat ini, ada banyak legenda yang terajut dalam sejumlah kitab tafsir. Akan tetapi, legenda-legenda itu tidak memiliki pijakan yang jelas dalam al-Qur'an maupun hadits. Karena itu, cukuplah mengetahui mereka berdasarkan petunjuk ayat di atas.

Malaikat Izrail
Dalam beberapa atsar disebutkan nama malaikat maut adalah Izrail. Akan tetapi, nama ini tidak ditemukan dalam al-Quran maupun hadits-hadits sahih. (Al-Bidayah, jilid 1, hlm. 50)

Malaikat Rakib dan Atid
Para ulama menyebutkan bahwa dari sekian banyak malaikat, ada yang bernama Rakib dan Atid. Hal ini mereka pahami dari firman Allah SWT: “(Yaitu) ketika dua orang malaikat mencatat amal perbuatannya, seorang duduk di sebelah kanan dan yang lain duduk di sebelah kiri. Tiada suatu ucapan pun yang diucapkannya, melainkan ada di dekatnya malaikat pengawas yang selalu hadir.” (QS Qaf: 17-18)

Pendapat mereka ini, menurut Syaikh Umar Sulaimat, tidaklah benar karena rakib dan atid di sini adalah sifat dari dua malaikat yang bekerja mencatat amal para hamba. Makna rakib dan atid adalah dua malaikat yang selalu hadir mengawasi manusia. Jadi, kedua kata ini tidak dimaksudkan sebagai nama kedua malaikat tersebut.

(mhy)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)