Kumpulan Artikel: Malaikat Izrail

  • 10 Nama-Nama Malaikat Beserta Tugasnya dalam Islam
    Hikmah
    Jum'at, 25 Agustus 2023 - 18:40 WIB
    Setidaknya ada 10 nama malaikat beserta tugasnya dalam Islam. Malaikat diyakini sebagai makhluk surgawi, diciptakan dari cahaya oleh Allah Taala.
  • Gambaran Fisik Malaikat Maut, Malaikat Pencabut Nyawa
    Hikmah
    Selasa, 07 Februari 2023 - 11:52 WIB
    Gambaran fisik malaikat maut, malaikat pencabut nyawa, bisa berubah-ubah. Tergantung kepada siapa dia hadir. Hal ini bisa disimak dalam kisah Nabi Ibrahim saat berjumpa malaikat Izrail.
  • 5 Fakta Malaikat Pencabut Nyawa yang Jarang Diketahui
    Hikmah
    Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:55 WIB
    Dari sekian banyak Malaikat yang diciptakan oleh Allah taala, Malaikat Izrail sang Pencabut Nyawa memiliki beberapa fakta menarik yang jarang diketahui.
  • Malaikat Maut Berdiri di Depan Pintu Tiap Rumah 7 Kali Sehari
    Tausyiah
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:44 WIB
    Malaikat maut senantiasa melakukan ronda keliling dari rumah ke rumah dan setiap rumah dikunjungi 7 kali sehari. Sang malaikat mendatangi rumah itu untuk melihat apakah terdapat orang yang mesti dicabut nyawanya,
  • Makhluk Terakhir yang Dimatikan pada Hari Kiamat
    Hikmah
    Senin, 22 Agustus 2022 - 22:01 WIB
    Hari Kiamat adalah peristiwa hancurnya alam semesta ditandai dengan peniupan Sangkakala oleh Malaikat Israfil. Inilah makhluk terakhir yang dimatikan Allah pada Hari Kiamat.
  • cover top ayah
    وَوَهَبۡنَا لَهٗۤ اِسۡحٰقَ وَيَعۡقُوۡبَ‌ؕ كُلًّا هَدَيۡنَا ‌ۚ وَنُوۡحًا هَدَيۡنَا مِنۡ قَبۡلُ‌ وَمِنۡ ذُرِّيَّتِهٖ دَاوٗدَ وَسُلَيۡمٰنَ وَاَيُّوۡبَ وَيُوۡسُفَ وَمُوۡسٰى وَ هٰرُوۡنَ‌ؕ وَكَذٰلِكَ نَجۡزِى الۡمُحۡسِنِيۡنَۙ (٨٤) وَزَكَرِيَّا وَيَحۡيٰى وَعِيۡسٰى وَاِلۡيَاسَ‌ؕ كُلٌّ مِّنَ الصّٰلِحِيۡنَۙ (٨٥) وَاِسۡمٰعِيۡلَ وَالۡيَسَعَ وَيُوۡنُسَ وَلُوۡطًا‌ ؕ وَكُلًّا فَضَّلۡنَا عَلَى الۡعٰلَمِيۡنَۙ (٨٦) وَمِنۡ اٰبَآٮِٕهِمۡ وَذُرِّيّٰتِهِمۡ وَاِخۡوَانِهِمۡ‌ۚ وَاجۡتَبَيۡنٰهُمۡ وَهَدَيۡنٰهُمۡ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسۡتَقِيۡمٍ (٨٧) ذٰ لِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهۡدِىۡ بِهٖ مَنۡ يَّشَآءُ مِنۡ عِبَادِهٖ‌ؕ وَلَوۡ اَشۡرَكُوۡا لَحَبِطَ عَنۡهُمۡ مَّا كَانُوۡا يَعۡمَلُوۡنَ (٨٨)
    Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Yakub kepadanya. Kepada masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan sebelum itu Kami telah memberi petunjuk kepada Nuh, dan kepada sebagian dari keturunannya (Ibrahim) yaitu Dawud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa, dan Harun. Dan demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik, dan Zakaria, Yahya, Isa, dan Ilyas. Semuanya termasuk orang-orang yang shalih, dan Ismail, Ilyasa‘, Yunus, dan Luth. Masing-masing Kami lebihkan (derajatnya) di atas umat lain (pada masanya), (dan Kami lebihkan pula derajat) sebagian dari nenek moyang mereka, keturunan mereka dan saudara-saudara mereka. Kami telah memilih mereka (menjadi nabi dan rasul) dan mereka Kami beri petunjuk ke jalan yang lurus. Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja di antara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka mempersekutukan Allah, pasti lenyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.

    (QS. Al-An'am Ayat 84-88)
    cover bottom ayah
  • Kisah Nabi Musa, Sudah Berusia 120 Tahun Terkesan Enggan Meninggal Dunia
    Hikmah
    Rabu, 09 Maret 2022 - 05:15 WIB
    Nabi Musa as berjuluk Kalimullah. Tatkala Allah Taala menugaskan malaikat Izrail untuk mencabut nyawanya, sang Nabi terkesan enggan. Padahal Nabi Musa pada saat itu sudah berusia 120 tahun.
  • Pada Hari Kiamat Semua Makhluk Mati, Bagaimana dengan Malaikat?
    Tausyiah
    Minggu, 20 Februari 2022 - 09:13 WIB
    Malaikat adalah salah satu dari sekian makhluk Allah SWT. Sebagai makhluk, malaikat akan mengalami mati sebagaimana jin dan manusia. Lalu kapan mereka akan mati?
  • Kisah Izrail Menyamar sebagai Pengemis dan Orang yang Sibuk Mengumpulkan Harta
    Hikmah
    Kamis, 23 Desember 2021 - 11:13 WIB
    Bagi para pecinta harta akan membenci semuanya kala ajal akan menjemput. Harta memang bisa mengangkat derajat seseorang di dunia namun harta tak ada nilainya jika kita mati.
  • Malaikat Izrail Tertawa dan Menangis Saat Mencabut Nyawa Manusia, Berikut Kisahnya
    Hikmah
    Senin, 17 Mei 2021 - 14:42 WIB
    Izrail adalah Malaikat pencabut nyawa dan salah satu Malaikat terkemuka setelah Jibril, Mikail dan Israfil. Berikut kisahnya saat ditugaskan mencabut nyawa manusia.
  • Kabar Gembira, Ketika Izrail Datang Membawa Kafan dan Wewangian dari Surga
    Tausyiah
    Kamis, 11 Februari 2021 - 19:04 WIB
    Kemudian datanglah malaikat maut, lalu duduk di dekat kepalanya dan berkata, Wahai jiwa yang baik (dalam riwayat lain: jiwa yang tenang), keluarlah menuju ampunan dan ridha Tuhanmu!
  • Mengenal Dunia Malaikat: Mereka Bersayap, Jibril Punya 600 Sayap
    Tausyiah
    Jum'at, 03 Juli 2020 - 05:00 WIB
    Para malaikat itu mempunyai jasad, sebagiannya ada yang memiliki dua sayap, ada yang tiga sayap dan empat bahkan ada yang lebih banyak lagi dari itu.
  • Hubungan Akrab Nabi Sulaiman dengan Malaikat Izrail
    Hikmah
    Senin, 11 Mei 2020 - 02:54 WIB
    Sudah setahun Nabi Sulaiman meninggal tapi tidak ada yang tahu. Jin bekerja siang dan malam karena merasa diawasi. Terbukti mereka tidak mengetahui hal-hal yang gaib