Perbedaan Antara Qiyamullail dan Tahajud

Rabu, 23 Februari 2022 - 21:55 WIB
loading...
Perbedaan Antara Qiyamullail dan Tahajud
Semua ibadah yang dikerjakan pada waktu malam termasuk sholat Tahajud disebut Qiyamullail. Foto/dok pecihitam
A A A
Perbedaan antara Qiyamullail dan Tahajud perlu diketahui umat muslim agar tidak keliru dalam memaknainya. Qiyamullail artinya menghidupkan malam atau mendirikan malam dengan ibadah.

Lalu bagaimana dengan Tahajud? Dalam Buku "33 Macam Jenis Shalat Sunnah", Ustaz Muhammad Ajib Lc menjelaskan ibadah apapun yang dilakukan pada malam hari seperti sholat tahajud, sholat tarawih, sholat witir, sholat hajat dan lainnya disebut dengan Qiyamullail.



Sedangkan Tahajud adalah sholat sunnah malam yang dilakukan setelah bangun dari tidur setelah sholat fardhu Isya. Sholat Tahajjud itu adalah bagian dari Qiyamullail. Jadi, istilah Qiyamullail ini lebih umum dibanding dengan istilah tahajud.

Namun jika anda sholat sunnahnya sebelum tidur maka disebut sebagai sholat sunnah mutlaq. Dan sholat mutlaq ini juga termasuk bagian dari Qiyamullail jika dikerjakan pada malam hari.

Ustaz Ajib menukil keterangan dari Syekh Nawawi Al-Bantani rahimahullah (wafat 1316 H), seorang ulama besar Mazhab Syafi'i asal Banten) menyebutkan sebagai berikut:

ومن النفل املط ى ق ا ال ل. وإذا كان بعد و ولو يف وقت املغ ب
وبعد فعل العشا تقدميا يرم هتجدا.هناية الزين )ص: 114 )

"Di antara yang termasuk sholat mutlaq adalah sholat Qiyamullail, jika dilaksanakan setelah tidur maka disebut dengan sholat Tahajud walaupun tidurnya di waktu setelah Maghrib dan setelah sholat Isya secara jamak taqdim."



Allahu A'lam
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)