Inilah Pakaian yang Paling Baik di Mata Allah

Kamis, 24 Februari 2022 - 18:22 WIB
loading...
Inilah Pakaian yang Paling Baik di Mata Allah
Pakaian paling baik di mata Allah tidak cuma untuk keindahan saja, tetapi dapat menghimpun segala kebaikan. Foto/Ist
A A A
Pakaian yang paling baik di mata Allah 'Azza wa Jalla dijelaskan dalam Al-Qur'an Surat Al-A'raf Ayat 26. Allah memberikan banyak karunia kepada manusia, di antaranya pakaian untuk menutupi aurat dan untuk perhiasan.



Akan tetapi, Allah mengingatkan manusia bahwa ada pakaian yang lebih baik sebagaimana firman-Nya dalam ayat berikut:

يٰبَنِىۡۤ اٰدَمَ قَدۡ اَنۡزَلۡنَا عَلَيۡكُمۡ لِبَاسًا يُّوَارِىۡ سَوۡاٰتِكُمۡ وَرِيۡشًا‌ ؕ وَلِبَاسُ التَّقۡوٰى ۙ ذٰ لِكَ خَيۡرٌ‌ ؕ ذٰ لِكَ مِنۡ اٰيٰتِ اللّٰهِ لَعَلَّهُمۡ يَذَّكَّرُوۡنَ

Artinya: "Wahai anak cucu Adam! Sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu. Tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik. Demikianlah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka ingat." (Surat Al-A'raf Ayat 26)

Ayat ini menegaskan bahwa Allah menyeru anak-cucu Adam (manusia) dan memperingatkan nikmat-Nya yang begitu banyak agar mereka tidak melakukan maksiat. Akan tetapi hendaklah mereka bertakwa kepada-Nya di mana saja mereka berada.

Hal ini sejalan dengan sabda Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam: "Bertaqwalah kepada Allah di mana pun engkau berada." (Riwayat at-Tirmidzi dari Mu'adz bin Jabal)

Dalam Tafsir Kemenag dijelaskan, Allah menurunkan hujan dari langit yang menyebabkan tumbuhnya kapas, rami, wool dan sebagainya. Kemudian dijadikan pakaian sesudah diolah untuk dipakai menutupi aurat manusia. Juga untuk menahan panas dan dingin, menahan senjata (baju besi).

Pakaian juga bisa dijadikan sebagai keindahan dan perhiasan sebagaimana sabda Nabi: "Sesungguhnya Allah itu sangat indah, menyenangi keindahan." (HR Muslim dan at-Tirmidzi dari Ibnu Mas'ud)

Ini semua merupakan pakaian dan keindahan lahiriyah. Ada pakaian yang sifatnya rohaniah yang jauh lebih baik dari pakaian lahiriyah tersebut. Pakaian ini dapat menghimpun segala macam kebaikan, yaitu takwa kepada Allah.

Sabda Nabi: "Hendaklah kamu bertakwa kepada Allah, karena sesungguhnya takwa itu menghimpun segala kebaikan". (HR Abu Ya'la dari Abu Sa'id)

Dengan takwa itu, Allah akan memberikan petunjuk kepada kita untuk dapat mengatasi segala kesulitan yang dihadapi. Allah juga akan memberikan kepada kita rezeki dari arah yang tidak terduga-duga sebelumnya dan selalu dimudahkan urusan kita.

Berikut firman-Nya dalam Al-Qur'an : "Barang siapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya." (QS ath-Thalaq: 2-3)

"Dan barang siapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia menjadikan kemudahan baginya dalam urusannya." (QS Ath-Thalaq: 4)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2256 seconds (0.1#10.140)