Kumpulan Artikel: Takwa

  • Siang Puasa, Balas Dendam saat Malam: Lalu, Apa Faedah dalam Rohani?
    Tausyiah
    Senin, 18 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Yang berbuat baik orang yang bertakwa dan yang berbuat baik ialah orang yang beriman kepada Allah, hari kemudian, para malaikat, kitab dan para nabi dan diteruskan dengan ayat yang sudah kita sebutkan.
  • Bertakwa Mengandung Arti Perintah Menghindarkan Diri dari Siksa Allah
    Tausyiah
    Minggu, 17 Maret 2024 - 06:12 WIB
    Perlu disisipkan kata atau kalimat untuk meluruskan maknanya. Misalnya kata siksa atau yang semakna dengannya, sehingga perintah bertakwa mengandung arti perintah untuk menghindarkan diri dari siksa Allah.
  • Tujuan Berpuasa Laallakum Tattaqun, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Minggu, 17 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Muhammad Quraish Shihab mengatakan secara jelas Al-Quran menyatakan bahwa tujuan puasa yang hendaknya diperjuangkan adalah untuk mencapai ketakwaan atau laallakum tattaqun.
  • 3 Ciri Orang Bertakwa dalam Surat Ali Imran Ayat 133 dan 134
    Tausyiah
    Rabu, 13 Maret 2024 - 12:30 WIB
    Dalam Surat Ali Imran ayat 133134, dijelaskan tentang tiga ciri yang dimiliki oleh orang-orang yang bertakwa. Ciri-ciri seperti apakah itu:
  • Membangun Kualitas Iman dan Takwa di Bulan Ramadan
    Hikmah
    Jum'at, 01 Maret 2024 - 05:15 WIB
    Bulan suci Ramadan tinggal hitungan hari lagi. Bagi umat Islam, bulan Ramadan adalah bulan suci dimana tempat seorang hamba ditempa dan dilatih menjadi manusia yang bertakwa lebih dalam lagi
  • 3 Hal Utama yang Bisa Menyelematkan dari Api Neraka
    Tausyiah
    Sabtu, 03 Februari 2024 - 09:41 WIB
    Takwa merupakan satu-satunya bekal yang dapat kita andalkan dalam meraih ridha Allah subhanahu wataala dalam kehidupan di dunia dan di akhirat kelak.
  • Tadabbur Al-Anfal Ayat 29: Janji Allah kepada Orang yang Bertakwa
    Hikmah
    Minggu, 10 Desember 2023 - 21:58 WIB
    Sungguh beruntung mereka yang bertakwa yaitu orang yang taat dan selalu memelihara perintah Allah baik dalam kesendirian maupun di tengah keramaian.
  • Pentingnya Rasa Percaya Diri dan Dalilnya dalam Islam
    Tausyiah
    Senin, 23 Oktober 2023 - 10:53 WIB
    Dalam Islam, ternyata sangat penting seorang muslim itu mempunyai rasa kepercayaan diri yang baik. Sebab, kepercayaan diri ini adalah salah satu sifat orang yang bertakwa
  • Kisah Hikmah : Golongan yang Selamat karena Takwa
    Hikmah
    Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:19 WIB
    Banyak kisah dalam Al Quran yang memberikan pelajaran dan hikmah bagi hamba-hamba yang beriman. Salah satunya tentang hamba-hamba atau golongan yang selamat dari berbagai musibah dan ujian karena ketakwaan mereka kepada Allah Subhanahu wa taala.
  • Inilah Mereka yang Bakal Menghuni Surga Mawa
    Hikmah
    Jum'at, 15 September 2023 - 09:25 WIB
    Golongan orang-orang yang memiliki amal saleh, takwa kepada Allah SWT, takut dengan kebesaran Allah SWT, dan dapat menahan hawa nafsu termasuk golongan orang-orang yang dapat masuk ke dalam surga ini.
  • 3 Cara Meningkatkan Ketakwaan yang Penting Diketahui Setiap Muslim
    Hikmah
    Minggu, 30 Juli 2023 - 12:05 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertakwa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Hikmah Ibadah Kurban: Simbol Ketakwaan Sejati Seorang Hamba Dicontohkan Nabi Ibrahim dan Ismail
    Hikmah
    Kamis, 15 Juni 2023 - 16:15 WIB
    Simbol ketakwaan yang sesungguhnya kepada Allah Rabbul Alamin adalah pengorbanan Ibrahim (seorang ayah) yang menyembelih Ismail (anaknya). Begini penjelasannya?
  • Idulfitri adalah Back to The Ground, Ini 3 Kualitas Takwa Peraihnya
    Dunia Islam
    Sabtu, 22 April 2023 - 04:44 WIB
    Idulfitri dirayakan umat Muslim di seluruh dunia setelah berakhirnya Ramadan. Manusia diingatkan tentang proses spiritual terlahir kembali menjadi insan fitri.
  • Kisah Khutbah Ali bin Abu Thalib yang Membuat Seorang Jamaah Pingsan
    Hikmah
    Selasa, 18 Oktober 2022 - 18:59 WIB
    Khutbah ini disampikan oleh Ali bin Abi Thalib sebagai jawaban atas permintaan seseorang yang menginginkan penjelasan tentang sifat-sifat seorang yang bertakwa.
  • Wali Allah Taala, Siapa sang Pemilik Karomah Itu?
    Hikmah
    Jum'at, 02 September 2022 - 10:31 WIB
    Dalam Surat Yunus ayat 62 disebutkan wali-wali Allah. Mereka adalah orang yang tidak ada rasa takut, tidak juga bersedih hati. Lalu, siapa sejatinya yang dimaksud wali sang pemilik karomah tersebut?
  • 3 Perkara yang Dapat Meningkatkan Ketakwaan, Nomor Terakhir Peduli Sesama Muslim
    Tips
    Rabu, 10 Agustus 2022 - 13:06 WIB
    Ketakwaan seorang mukmin akan diganjar pahala terbaik oleh Allah Subhanahu wa taala. Bahkan, sebagai hamba-Nya, seorang muslim yang bertkawa akan mendapatkan jaminan kebahagiaan dan keselamatan di dunia dan di akhirat.
  • Bukan Pangkat dan Kekayaan, Inilah Orang Paling Mulia di Sisi Allah
    Tausyiah
    Sabtu, 25 Juni 2022 - 07:05 WIB
    Mereka yang punya pangkat, kedudukan dan kekayaan sering kali dianggap mulia dan dikagumi banyak orang. Siapa sebenarnya yang paling mulia di sisi Allah?
  • 4 Batasan Takwa Menurut Ali bin Abi Thalib
    Tausyiah
    Jum'at, 24 Juni 2022 - 13:40 WIB
    Sahabat Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam sekaligus khalifah keempat, Ali bin Abi Thalib, memberikan tuntunan agar kita umat Islam menjadi orang yang bertakwa.
  • Makna Puasa untuk Mencapai  Derajat Takwa
    Tausyiah
    Sabtu, 09 April 2022 - 03:00 WIB
    Makna puasa disampaikan Allah Subhanahu wa taala secara langsung dalam Al Quran agar membuat manusia menjadi bertakwa. Namun, hingga kini masih banyak umat Islam yang terjebak pada definisi puasa yang hanya sebatas menahan rasa lapar dan haus.
  • Inilah Pakaian yang Paling Baik di Mata Allah
    Muslimah
    Kamis, 24 Februari 2022 - 18:22 WIB
    Pakaian yang paling baik di mata Allah Azza wa Jalla dijelaskan dalam Al-Quran Surat Al-Araf Ayat 26. Pakaian terbaik ini menghimpun segala kebaikan.