Nisfu Syaban 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Catat Harinya

Rabu, 02 Maret 2022 - 21:28 WIB
loading...
Nisfu Syaban 2022 Jatuh Tanggal Berapa? Catat Harinya
Nisfu Syaban Tahun 2022 adalah hari yang dinanti umat muslim mengingat keistimewaannya yang agung di sisi Allah Taala. Foto/Ist
A A A
Nisfu Syaban Tahun 2022 merupakan hari yang dinanti umat muslim karena keutamaannya yang sangat agung. Sekadar mengingatkan insya Allah besok malam (malam Jumat) kita memasuki bulan Syaban 1443 H menurut kalender Islamic Global.

Lalu Nisfu Syaban 2022 jatuh tanggal berapa? Untuk diketahui, Nisfu Syaban artinya pertengahan bulan Syaban atau jatuh pada tanggal 15 Syaban 1443 Hijriyah. Untuk tahun ini, Nisfu Syaban jatuh pada Hari Jumat Tanggal 18 Maret 2022.

Adapun malam Nisfu Syaban bertepatan dengan malam Jumat (17/3/2022) sesuai kalender Hijriyah. Malam Nisfu Syaban disebut dengan Lailatul Baro'ah yang artinya malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan.



Di antara hadits kemuliaan malam Nisfu Syaban adalah yang diriwayatkan oleh Al Bazar dan Imam Baihaqi dari Abu Bakar As-Shiddiq bahwa Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

ينزل االله إلى السماء الدنيا ليلة النصف من شعبان فيغفر لكل شيء إلا لرجل مشرك أو رجل في قلبه شحناء

Artinya: "Allah turun ke langit dunia ini dengan menurunkan rahmat‐Nya pada malam Nisfu Syaban, sehingga Allah mengampuni segala sesuatu kecuali orang yang musyrik dan orang yang di dalam hatinya terdapat kedengkian."

Keutamaan malam Nisfu Syaban juga dijelaskan oleh Imam Asy-Syafi'i: "Telah sampai kepada kami bahwa doa dikabulkan oleh Allah Ta'ala pada 5 malam, yaitu malam Jumat, malam Idul Fitri, malam Idul Adha, malam pertama bulan Rajab, dan malam Nisfu Syaban."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2698 seconds (0.1#10.140)