Pesan Abah Guru Sekumpul tentang Keutamaan Bulan Syaban

Rabu, 02 Maret 2022 - 18:13 WIB
loading...
Pesan Abah Guru Sekumpul tentang Keutamaan Bulan Syaban
Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Syaban adalah memperbanyak sholawat dan berpuasa. Foto/Ist
A A A
Menurut kalender Islamic Global, Jumat (4/3/2022) atau besok Kamis malam kita akan memasuki Syaban, bulan ke-8 kalender Hijriyah. Syaban disebut bulannya Rasulullah SAW karena Beliau banyak berpuasa di bulan itu sebelum memasuki bulan suci Ramadhan.

Berikut pesan Abah Guru Sekumpul (1942-2005) tentang keutamaan Syaban. Ulama kharismatik bernama KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari itu dikenal sebagai sosok Waliyullah di zamannya.



Ketika memasuki bulan Syaban, Abah Guru Sekumpul memaknainya dengan penuh keistimewaan. Menurut Guru Sekumpul, Syaban adalah bulannya kekasih hati Rasulullah SAW. Di bulan Syaban ini, Allah banyak mengangkat derajat hamba-Nya menjadi kekasih Auliya. Salah satu asbabnya adalah karena sholawat yang mereka baca.

Betapa banyak yang menjadi Waliyullah disebabkan banyaknya membaca shalawat di bulan Sya'ban. Salah satu contohnya, Syekh Fudhail bin Iyadh dulu beliau seorang perampok, tetapi beliau mendapat hidayah sehingga bertaubat. Dan Allah mengangkatnya menjadi salah satu Auliya-Nya di bulan Syaban.

Hal ini disampaikan Abah Guru Sekumpul dalam satu pengajian beliau pada Tahun 2003 silam. Abah Guru Sekumpul berpesan, apabila masuk bulan Syaban, perbanyaklah membaca sholawat 2 kali lipat dari shalawat yang diamalkan di bulan lain.

Maksudnya, jika kita bersholawat di bulan lain 100 kali sehari, maka di bulan Syaban perbanyaklah dua kali lipat menjadi 200 kali sehari. Kemudian bertaubatlah dari segala dosa, minimal ingat akan dosa dan merasa paling banyak dosa dan paling hina di muka bumi ini.

Para Ulama mengatakan, siapa yang banyak bersholawat akan mendapat syafa'at istimewa dari Rasulullah SAW. Selain bersholawat, Abah Guru Sekumpul berpesan agar banyak bersedekah kepada anak yatim di bulan Syaban.

Jangan tinggalkan juga amalan Nisfu Sya'ban pada pertengahan bulan Syaban. Sebab, malam itu termasuk salah satu malam mulia di sisi Allah. Semoga kita dapat mengisi Syaban dengan memperbanyak sholawat dan ibadah.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)