Manfaat Hijab Bagi Kecantikan Tubuh, Muslimah Wajib Tahu!

Kamis, 03 Maret 2022 - 11:27 WIB
loading...
Manfaat Hijab Bagi Kecantikan Tubuh, Muslimah Wajib Tahu!
Berhijab, selain untuk melaksanakan kewajiban syariat agama, ternyata juga memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kecantikan dan kesehatan seorang muslimah. Foto istimewa
A A A
Berhijab , selain untuk melaksanakan kewajiban syariat agama, ternyata juga memiliki manfaat yang banyak sekali bagi kecantikan dan kesehatan seorang muslimah. Tak heran, saat ini banyak perempuan yang menggunakan hijab untuk menunjukkan inner beauty-nya. Bahkan, para desainer berlomba-lomba berkarya dalam hal rancangannya agar jilbab atau hijab semakin simple, cantik dan tetap memenuhi syarat syar’i.

Dari sisi kecantikan dan kesehatan tubuh, banyak penelitian menunjukkan bahwa banyak manfaat hijab bagi kecantikan kulit dan rambut seorang wanita. Dirangkum dari beberapa sumber, berikut manfaat hijab bagi kecantikan dan kesehatan wanita muslimah, antara lain:

Baca juga: Manfaat Berhijab dalam Aktivitas Muslimah Sehari-hari

1. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari (Sunburn)

Sinar matahari sebenarnya bermanfaat untuk kulit yaitu untuk mensintesis kalsium untuk kesehatan tulang. Tapi ada akibat buruk juga untuk kulit. Sunburn terjadi akibat sengatan sinar matahari atau UV (ultra violet) melebihi dari daya tahan tubuh. Kulit yang berwarna cerah lebih rentan terhadap sunburn dari pada kulit coklat karena kadar melatonin (untuk menjaga kulit dari sinar UV) lebih rendah daripada kulit coklat.

Kulit cerah hanya bertahan kurang dari 15 menit setelah terkena sinar matahari. Sedangkan pada kulit coklat dapat bertahan 3-9 jam. Gejala sunburn tidak terlihat langsung tapi 6-48 jam setelah terpapar sinar matahari. Kulit akan terasa terbakar dan berwarna merah. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakkan kulit, yang tersering adalah kulit kaki.

2. Mencegah peradangan kulit luar (solar keratoses)

Peradangan jenis ini terlihat seperti sisik pada kulit yang mengalami peradangan . Komplikasi dari peradangan ini adalah kanker kulit. Peradangan ini dapat terjadi pada kulit yang sering terpapar sinar matahi seperti tulang-tulang pipi, hidung, dahi, punggung tangan, punggung, kaki. Penyakit ini disebabkan oleh seringnya terpapar sinar matahari dengan waktu lama. Manfaat jilbab bagi kesehatan akan melindungi kulit dari sinar matahari ini.

3. Sebagai antibodi

Tubuh wanita lebih sensitif dibanding tubuh laki-laki. Siklus menstruasi dapat mempengaruhi kantong-kantong ASI (air susu ibu) pada ibu menyusui. Rahim sebelah kanan menghubungkan payudara sebelah kiri, dan rahim sebelah kiri menghubungkan payudara sebelah kanan. ASI mengandung vitamin dan vaksinasi . ASI dilindungi oleh enzim dari seluruh tubuh. Manfaat jilbab atau hijab bagi kesehatan wanita melindungi enzim tersebut agar tidak pecah yang langsung terdapat antibodi dan antibiotik.

4. Melindungi dari udara panas dan dingin

Tubuh sangat sensitif terhadap perubahan suhu. Udara panas tidak baik untuk otak. Pakar menyarankan saat harus berada di bawah sinar matahari sebaiknya menggunakan pakaian yang tertutup terutama pada bagian kepala, mata, dan leher untuk mengurangi resiko kerusakan otak. Tubuh dengan suhu dingin terlalu lama juga dapat menyebabkan hipotermia, flu dan gemetar. Pada suhu dingin juga disarankan untuk memakai pakaian yang tertutup di tubuh dan kepala untuk menjaga tubuh tetap hangat. Perempuan yang berhijab dapat menjaga suhu dan melindungi tubuh dari paparan sinar matahari dan suhu dingin.

5. Proteksi terhadap penyakit

Sinar matahari secara langsung secara terus menerus dapat mengurangi imunitas tubuh. Selain itu menggunakan jilbab membuat menjadi wanita yang lebih telaten dan bersih. Dengan menggunakan jilbab dan pakaian tertutup membuat kita terlindungi dari kontak fisik secara langsung dengan kotoran, bakteri, dan virus.

6. Menjaga kesehatan rambut

Dengan memakai jilbab, kepala dan rambut terlindung dari debu, sinar UV dan polusi, sehingga kebersihan rambut dan kulit kepala terjaga. Untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut diimbangi dengan perawatan yang baik.

7. Mencegah penuaan dini

Mengenakan jilbab juga bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Dengan berjilbab kulit dan rambu akan terlindungi dari paparan sinar UV yang berbahaya. Sekedar info, sinar UV bisa mempercepat proses munculnya uban rambut. Selain itu, sinar UV juga mengurangi produksi kolagen pada kulit.

Sehingga akibatnya keelastisan kulit jadi menurun dan efeknya bisa meningkatkan risiko penuaan dini. Jilbab dapat melindungi rambut dan tubuh dari paparan sinar UV yang berlebihan. Namun agar lebih aman, jangan lupa gunakan sunblock wajah setiap berpergian karena wajah tidak selalu tertutup jilbab, kecuali mengenakan cadar.

Demikianlah, manfaat dan faedah berjilbab bagi kesehatan tubuh perempuan muslimah.

Baca juga: Ain, Pandangan Dosa yang Disepelekan Kaum Wanita

Wallahu A'lam
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2125 seconds (10.177#12.26)