Malam Nisfu Syaban Memiliki Keistimewaan Satu Bulan Penuh

Jum'at, 04 Maret 2022 - 17:03 WIB
loading...
Malam Nisfu Syaban Memiliki Keistimewaan Satu Bulan Penuh
Malam Nisfu Syaban disebut juga malam pengampunan atau malam diangkatnya amalan kepada Rab semesta Alam. Foto/ist
A A A
Jangan lewatkan malam Nisfu Syaban yang insya Allah jatuh malam Jumat (17/3/2022). Bagi umat muslim di Indonesia biasanya mengisi malam itu dengan sholat berjamaah, membaca Surat Yasin, berdoa bersama dan menghidupkan qiyamul lail.

Untuk diketahui, Nisfu Syaban adalah pertengahan bulan Syaban yang diperingati setiap malam tanggal 15 Syaban dari kalender Islam. Hari itu juga dikenal sebagai Laylatul Bara'ah atau Laylatun Nisfe min Sha'ban di dunia Arab, dan sebagai Shab-e-barat di Afghanistan, Bangladesh, Pakistan, Iran dan India.



Nama-nama ini diterjemahkan menjadi malam pengampunan dosa, malam berdoa dan malam pembebasan. Melansir dari islamkita, Syaban bulan yang mulia lantaran semua amalan dinaikkan ke langit. Artinya, Syaban memiliki keistimewaan selama satu bulan penuh.

Dalam satu hadis dari Usamah Bin Zaid disebutkan:

ذَلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ فَأُحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

"Bulan Sya'ban (bulan antara Rajab dan Ramadhan) adalah bulan di saat manusia lalai. Bulan tersebut adalah bulan dinaikkannya berbagai amalan kepada Allah, Rabb semesta alam. Oleh karena itu, aku amatlah suka untuk berpuasa ketika amalanku dinaikkan." (HR. An-Nasa'i, No. 2359)

Amalan Malam Nisfu Syaban
Adapun amalan yang dianjurkan oleh para ulama pada malam Nisfu Sya'ban:
1. Memerbanyak ibadah sholat sunnah seperti sholat Tahajjud dan Witir.
2. Membaca Al-Qur'an atau membaca Surat Yasin 3 kali.
3. Memperbanyak doa kebaikan apa saja untuk keluarga, anak dan cucu.
4. Memperbanyak zikir terutama shalawat dan istighfar.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1411 seconds (0.1#10.140)