Ayat-ayat Al Qur'an Tentang Cinta dan Jodoh, Bisa Diamalkan sebagai Doa

loading...
Ayat-ayat Al Quran Tentang Cinta dan Jodoh, Bisa Diamalkan sebagai Doa
Ada ayat-ayat Al Quran tentang cinta dan jodoh yang bisa menjadi petunjuk dari Allah subhanahu wa taala. Foto ilustrasi/istimewa
Ada ayat-ayat Al Qur'an tentang cinta dan jodoh yang bisa menjadi petunjuk dari Allah subhanahu wa ta'ala. Meski tentang jodoh , rezeki, dan kematian kita, sudah termaktub dalam kitab Lauh Mahfudz, bukan berarti kita tidak dapat 'memilih' jodoh yang kita inginkan. Sebab, Allah juga memberikan jalan bagi kita untuk memilih yang terbaik tentang siapa pasangan kita nantinya.

Dinukil dari berbagai sumber, inilah ayat-ayat Al Qur'an tentang cinta dan petunjuk ' jodoh ' tersebut, di antaranya ayat-ayat berikut yang sekaligus dapat menjadi doa yang bisa kita amalkan, yakni:

1. Surat Al Furqon Ayat 74

وَالَّذِيۡنَ يَقُوۡلُوۡنَ رَبَّنَا هَبۡ لَـنَا مِنۡ اَزۡوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعۡيُنٍ وَّاجۡعَلۡنَا لِلۡمُتَّقِيۡنَ اِمَامًا


"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.”

Potongan ayat ini dapat dijadikan doa untuk kita yang berharap segera dipertemukan dengan jodoh. Sebagai seorang hamba-Nya, kita harus pasrahkan semua atas kehendak Allah SWT.

Baca juga: 8 Ayat dan Surat Al-Qur'an yang Menjadi Obat Penenang Hati

2. Surat An Nisa ayat 1

يٰۤـاَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوۡا رَبَّكُمُ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ نَّفۡسٍ وَّاحِدَةٍ وَّخَلَقَ مِنۡهَا زَوۡجَهَا وَبَثَّ مِنۡهُمَا رِجَالًا كَثِيۡرًا وَّنِسَآءً‌ ۚ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡ تَسَآءَلُوۡنَ بِهٖ وَالۡاَرۡحَامَ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلَيۡكُمۡ رَقِيۡبًا


“Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu Yang menciptakan kamu dari satu jiwa dan darinya Dia menciptakan jodohnya, dan mengembang-biakan dari keduanya banyak laki-laki dan perempuan; dan bertakwalah kepada Allah swt. yang dengan nama-Nya kamu saling bertanya, terutama mengenai hubungan tali kekerabatan. Sesungguhnya Allah SWT adalah pengawas atas kamu.”

Dalam ayat ini dijelaskan bahwa Allah menciptakan manusia dengan jodohnya. Jodoh tersebut adalah bentuk cinta Allah yang juga akan saling mencintai dan menghargai nantinya. Untuk itulah bersyukur atas nikmat Allah jika diberikan jodoh tersebut.

3. Surat Ar Rum ayat 21

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ


“Dan di antara tanda-tanda kekuasaanNya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikanNya diantaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.”

Adanya istri dan suami adalah bentuk cinta manusia. Jauh dari itu adalah bentuk cinta Allah agar manusia di muka bumi dapat beribadah dan beramal dengan sebaik-baiknya. Selain itu juga meberikan motivasi agar manusia benar-benar dalam keadaan yang fit untuk berjuang di muka bumi.

4. Surat An Nur : 32

وَاَنۡكِحُوا الۡاَيَامٰى مِنۡكُمۡ وَالصّٰلِحِيۡنَ مِنۡ عِبَادِكُمۡ وَاِمَآٮِٕكُمۡ‌ ؕ اِنۡ يَّكُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ يُغۡنِهِمُ اللّٰهُ مِنۡ فَضۡلِهٖ‌ ؕ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيۡمٌ


“Dan nikahkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (menikah) dari hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, maka Allah Swt akan mengkayakan mereka. Dan Allah Maha Luas (pemberianNya) dan Maha Mengetahui.”

Baca juga: Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam, Bulan Syawal Sangat Dianjurkan

Pernikahan adalah bentuk cinta untuk itu, menjadikan pernikahan yang berkah adalah bagian dari tugas manusia. Tentunya pernikahan yang baik adalah yang penuh dengan cinta dan kasih sayang Allah SWT. Untuk itu beruntung mereka yang menjadikan kebahagiaan Rumah Tangga Menurut Islam , Keluarga Sakinah Dalam Islam dan Keluarga Harmonis Menurut Islam, Keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah yang penuh cinta kasih Allah SWT.

5. Surah Al Hujurat Ayat 13
halaman ke-1
preload video