Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!

Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:01 WIB
loading...
Waktu Terbaik Membaca Surat Al-Waqiah, Yuk Amalkan!
Waktu terbaik membaca surat Al Waqiah adalah pada malam hari dan saat shalat subuh. Foto ilustrasi/alislam.id
A A A
Waktu terbaik membaca Surat Al Waqiah disebutkan dalam sejumlah hadis Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, yakni pada pada malam hari dan saat shalat subuh.Surat Al Waqiah artinya Hari Kiamat, surat ini berjumlah 96 ayat termasuk surah Makkiyyah yang turun pada masa Nabi Shallallahu alaihi wa sallam belum hijrah ke Madinah.

Membaca Al-Qur'an memiliki banyak keutamaan, termasuk ketika membaca surat Al Waqiah ini. Salah satu keutamaan dari amalan membaca surat ini, Allah Ta'ala akan memudahkan dan menyukupkan rezeki hamba yang rutin mengamalkannya, serta akan dijauhkan dari kefakiran.



Dinukil dari berbagai sumber, inilah dalil-dalil yang menyebutkan mengenai waktu yang terbaik dalam mengamalkan Surat Al Waqiah ini, antara lain:

1. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وسلم يَقُولُ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


Dari Abdullah ibnu Mas'ud yang mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi’ah setiap malam, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

2. Hadis semisal diriwayatkan dari Ibnu Mas'ud

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ؛ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى الله عليه وسلم قَالَ: "مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


Dari Ibnu Mas'ud, bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam telah bersabda: Barang siapa membaca surat Al-Waqiah setiap malamnya, niscaya tidak akan tertimpa kemiskinan selamanya.

3. Hadis diriwayatkan dari Ibnu Asakir

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْوَاقِعَةِ كُلَّ لَيْلَةٍ، لَمْ تُصِبْهُ فَاقَةٌ أَبَدًا


'Barang siapa yang membaca surat Al-Waqi'ah setiap malam, niscaya tidak akan terkena kemiskinan selamanya'.” (HR. Ibnu Asakir)

4. Hadis membaca Surat Al Waqiah saat shalat subuh

Imam Ahmad meriwayatkan dari Jabir ibnu Samurah yang mengatakan bahwa dahulu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam dalam shalat subuhnya membaca surat Al-Waqiah dan surat-surat lainnya yang semisal.

Keutamaan yang Paling Masyhur

Surat Al-Waqiah juga dikenal sebagai salah satu surat yang dikenal sebagai surat penuh berkah . Keberkahannya mampu melenyapkan kemiskinan dan mendatangkan rezeki bagi siapa saja yang rutin membacanya setiap hari. Karena itu, surat ini menjadi populer sebagai surat pembuka pintu rezeki.

Keutamaan membaca surat Al Waqiah ini sebagaimana dirasakan oleh sebagian shahabat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Rasulullah mengajarkan mereka untuk konsisten membaca surat Al-Waqi’ah supaya dimudahkan rezeki dan dihindari dari kesusahan. Karena itu, bila seorang muslim mengamalkannya setiap hari, maka banyak manfaat yang akan diterimanya.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2047 seconds (0.1#10.140)