Malam Nisfu Syaban, Begini Tata Cara Baca Yasin Berikut Niatnya

Rabu, 16 Maret 2022 - 16:52 WIB
loading...
Malam Nisfu Syaban, Begini Tata Cara Baca Yasin Berikut Niatnya
Pada malam Nisfu Syaban, umat muslim hendaknya mengisi malam tersebut dengan beribadah seperti membaca Surat Yasin dan sholat sunnah. Foto/Ist
A A A
Malam Nisfu Syaban insya Allah jatuh besok Kamis malam (17 Maret 2022). Salah satu amalan yang dapat kita lakukan adalah menghidupkan sholat malam dan membaca Al-Qur'an khususnya Surat Yasin.

Malam Nisfu Syaban disebut dengan "Lailatul Baro'ah" yang artinya malam pengampunan dosa, malam dikabulkannya doa dan malam pembebasan. Karena itu para Ulama memanfaatkan momen malam itu dengan membaca Surat Yasin sebanyak 3 kali.


Setiap kali hendak membaca Surat Yasin, kita berniat agar Allah mencurahkan rahmat-Nya dengan sebab keberkahan Yasin tersebut.

Terkait kemuliaan malam Nisfu Syaban diterangkan oleh Imam an-Nawawi rahimahullah (wafat 676 H) yang menukil perkataan dari Imam Syafi'i rahimahullah (wafat 204 H).

قال الشافعي في الأم وبلغنا أنه كان يقال إن الدعاء يستجاب في خمس ليال في ليلة الجمعة وليلة الأضحى وليلة الفطر وأول ليلة في رجب وليلة النصف من شعبان. المجموع شرح المهذب (5/ 42)

"Imam Syafi'i mengatakan dalam Kitab al-Umm: Telah sampai kepada kami bahwa doa itu mustajab pada 5 malam. malam Jumat, malam Idhul Adha, malam Idhul Fitri, malam pertama bulan Rajab dan malam Nisfu Sya'ban." (Al-Majmu' jilid 5 hal 42)

Tata Cara Baca Yasin 3 Kali Berikut Niatnya
Sebelum membaca Surat Yasin hendakanya terlebih dahulu membaca Taawudz, Bismillah, dan Sholawat Nabi. Kemudian berniat dengan lafaz di bawah ini untuk memantapkan hati. Setelah itu baru membaca Surat Yasin.

1. Diniatkan untuk Panjang Umur, Ketaatan dan Husnul Khatimah.
Niatnya:
Al-Faatihah wa Yasin Binniyati Thulil 'Umuri Fii Tho'atillahi wa Husnil-Khotimati 'Indal Maut.

2. Diniatkan Agar Dijauhkan dari Bala dan Su'ul Khatimah.
Niatnya:
Al-Faatihah wa Yasin Binniyati Dafa' Al-Balaa-a wal Wabaa wal-Fitani Ma Zhoharo Minha wa Maa Bathon wa Suu-il Khatimati 'indal Maut wa 'Adzabil Qobri.

3. Diniatkan untuk Kelapangan Rezeki.
Niatnya:
Al-Faatihah wa Yasin Binniyatil Istighnaa 'anin-Naasi wa tayassair Rizqi Halaalan Katsiron Thoyyiban Mubarokan Fid-Dunya wal Akhirah.

Doa Rasulullah di Malam Nisfu Syaban
Berikut doa yang dibaca Rasulullah saat malam Nisfu Syaban:

سَجَدَ لَكَ خَيَالِي وَسَـوَادِي وَآمَنَ بِكَ فُؤَادِي فَهَذِهِ يَدِي وَمَا جَنَيْتُ بِهَا عَلَى نَفْسِي يَا عَظِيْمُ يُرْجَى لِكُلِّ عَظِيْمٍ يَا عَظِيْمُ اغْفِرْ الذَّنْبَ الْعَظِيْمَ سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ


"Khayalan dan hatiku bersujud kepada Engkau, hatiku beriman dengan-Mu, maka inilah tangan yang saya gunakan untuk bertindak jinayah terhadap diri sendiri. Wahai Dzat Yang Maha Agung yang diharapkan untuk (mengampuni) dosa yang besar. Wahai Dzat Agung, ampunilah dosa yang besar ini. Wajahku bersujud kepada-MU Dzat Yang menciptakan serta merobek pendengaran dan matanya."

Lalau Beliau Rasulullah SAW bangkit kemudian sujud kembali dan berdoa:

عُوْذُ بِعَفْـوِكَ مِنْ عِقَابِكَ وَأَعُوْذُ بِرِضَاكَ مِنْ سَخَطِكَ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْكَ جَلَّ وَجْهُكَ لاَ أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْكَ أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْتَ عَلَى نَفْسِكَ أَقُوْلُ كَمَا قَالَ أَخِي دَاوُدُ: أَعْفِرُ وَجْهِي فِى التُّرَابِ لِسَيِّدِي وَحَقَّ لَهُ أَنْ يَسْجُدَ


"Aku memohon perlindungan dengan maaf-Mu dari siksaan-Mu. Saya berlindung dengan ridhaMu dari kemarahan-Mu. Saya berlindung dengan-Mu, dari-Mu Maha agung Dzat-Mu. Saya tidak bisa menghitung pujian atas-Mu seperti Engkau memuji diriMu. Saya berkata seperti saudaraku Dawud berkata: 'Saya membenamkan wajahku dalam tanah demi Tuhanku dan memang ia berhak untuk bersujud."

Setelah itu, beliau bangkit dari sujudnya dan berdoa:

أَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي قَلْباً نَقِيًّا مِنَ الشِّرْكِ نَقِيًّا لاَحَافِيًا وَلاَ شَقِيًّا


"Ya Allah, karuniakanlah kepadaku hati yang bersih dari syirik, bersih dari sifat cerewet (banyak bertanya), dan jangan jadikan aku celaka."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1263 seconds (0.1#10.140)