6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan

Minggu, 27 Maret 2022 - 08:05 WIB
loading...
6 Tanda Kebesaran Allah yang Wajib Disyukuri, Nomor 2 Sering Diabaikan
Ayat yang menerangkan enam tanda kebesaran Allah dalam Surat Ar-Rum selalu diawali dengan kalimat wa Min Aayatihi agar manusia mentadaburinya. Foto/Ist
A A A
Penciptaan alam semesta berikut isinya perlu direnungkan kaum muslimin agar menambah keimanan kita kepada Allah 'Azza wa Jalla. Ada 6 (enam) tanda kebesaran Allah yang wajib kita syukuri.

Enam tanda kebesaran Allah itu diuraikan dalam enam ayat Surat Ar-Rum. Untuk diketahui, Surat Ar Rum terdiri atas 60 ayat termasuk golongan surat-surat Makkiyah. Dinamakan Ar-Rum karena pada permulaan surat ini, yaitu ayat 2, 3 dan 4 terdapat pemberitaan bangsa Rum (Rumawi) yang dikalahkan oleh bangsa Persia. Ini menjadi isyarat bahwa kaum muslimin yang demikian lemahnya di waktu itu akan menang. Isyarat ini terbukti pertama kali pada perang Badar.



Bagi muslim di Tanah Air, Surat Ar-Rum sangat populer karena ayat ke-21 sering dibaca saat akad nikah. Ayat ke-21 ini berisi firman Allah yang artinya: "Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang."

Menarik untuk diketahui, ayat yang menerangkan enam tanda kebesaran Allah dalam Surat Ar-Rum itu diawali dengan kalimat وَمِنۡ ءَايَٰتِهِ (wa Min Aayatihi). Berikut 6 tanda kebesaran Allah sebagaimana diabadikan dalam Surat Ar-Rum Ayat 20-25:

1. Menciptakan Manusia Hingga Berkembang Biak

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ اِذَاۤ اَنۡتُمۡ بَشَرٌ تَنۡتَشِرُوۡنَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan kamu dari tanah, kemudian tiba-tiba kamu (menjadi) manusia yang berkembang biak." (QS Ar-Rum ayat 20)

2. Menciptakan Manusia Berpasangan

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَكُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِكُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡكُنُوۡۤا اِلَيۡهَا وَجَعَلَ بَيۡنَكُمۡ مَّوَدَّةً وَّرَحۡمَةً  ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰ لِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّتَفَكَّرُوۡنَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah Dia menciptakan pasangan-pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan Dia menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir." (QS. Ar-Rum Ayat 21)

3. Penciptaan Langit dan Bumi

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖ خَلۡقُ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ وَاخۡتِلَافُ اَلۡسِنَتِكُمۡ وَاَلۡوَانِكُمۡ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّلۡعٰلِمِيۡنَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu dan warna kulitmu. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang mengetahui." (QS. Ar-Rum Ayat 22)

4. Menjadikan Siang dan Malam

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖ مَنَامُكُمۡ بِالَّيۡلِ وَالنَّهَارِ وَابۡتِغَآؤُكُمۡ مِّنۡ فَضۡلِهٖ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّسۡمَعُوۡنَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya ialah tidurmu pada waktu malam dan siang hari dan usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan." (QS Ar-Rum Ayat 23)

5. Memperlihatkan Kilat dan Menurunkan Hujan

وَمِنۡ اٰيٰتِهٖ يُرِيۡكُمُ الۡبَرۡقَ خَوۡفًا وَّطَمَعًا وَّيُنَزِّلُ مِنَ السَّمَآءِ مَآءً فَيُحۡىٖ بِهِ الۡاَرۡضَ بَعۡدَ مَوۡتِهَا ‌ؕ اِنَّ فِىۡ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوۡمٍ يَّعۡقِلُوۡنَ

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda (kebesaran)-Nya, Dia memperlihatkan kilat kepadamu untuk (menimbulkan) ketakutan dan harapan, dan Dia menurunkan air (hujan) dari langit, lalu dengan air itu dihidupkannya bumi setelah mati (kering). Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mengerti." (QS Ar-Rum Ayat 24)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3601 seconds (0.1#10.140)