Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Wapres Dorong Segera Keluarkan Zakat

Selasa, 29 Maret 2022 - 14:26 WIB
loading...
Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Wapres Dorong Segera Keluarkan Zakat
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong muzakki atau orang yang wajib zakat, agar segera mengeluarkan zakat setahun sekali ketika Ramadhan tiba. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mendorong muzakki atau orang yang wajib zakat segera mengeluarkan zakat setahun sekali ketika Ramadhan tiba.

Baca juga: Ramadhan Momentum Mengikis Budaya Konsumtif

"Zakat itu biasanya dikeluarkan setahun sekali. Tetapi selama ini, menggunakan momentum bulan Ramadhan untuk mengeluarkan zakatnya," kata Wapres di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (29/3/2022).



Wapres berharap, zakat yang dikeluarkan bisa membantu masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19.

"Bahwa para pemberi zakat ini, sudah harus segera mengeluarkan (zakat) pada saat bulan Ramadhan karena saat ini memang diperlukan oleh masyarakat untuk kebutuhan Ramadhan," ucap Wapres.

"Dan untuk menghadapi hari Raya karena banyak masyarakat kita yang dalam keadaan akibat pandemi ya, kesulitan. Sehingga momentum itu saya kira penting," tambahnya.

Selain itu di momen Ramadhan, Wapres meminta agar masyarakat tidak konsumtif. "Saya mengharap supaya umat Islam juga, apa ya jangan konsumtif lah di bulan Ramadhan ini,” tegasnya.

"Biasanya kan orang puasa, malemnya itu kemudian seperti orang balas dendam begitu, semua dibeli, semua dimakan semua, nah itu namanya bukan puasa. Tetapi bukan berati kita kemudian tidak menggunakan apa yang kita punya kelebihan itu, tapi kita bagikan kepada saudara-saudara sesuai perintah Nabi, siapa yang punya kelebihan bagikan kelebihanmu itu kepada sesama yang membutuhkan. Ini momentum Ramadhan," papar Wapres.

Selain zakat, Wapres juga mendorong agar masyarakat mengeluarkan infak. "Begitu juga selain zakat itu infak namanya. Kewajiban umat Islam itu tidak hanya zakat, tapi juga di luar dari zakat, ada derma, infak namanya," jelasnya.

Kemudian, Wapres mengatakan kepada masyarakat yang mampu untuk berwakaf. "Wakaf itu merupakan satu sedekah yang terus mengalir, sedekah jariyah namanya. Karena pahalanya, barangnya tidak akan habis. Nah momentum Ramadhan ini pas," tutupnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)