Kumpulan Artikel: Keutamaan Zakat

  • 4 Rukun Zakat Fitrah yang Harus Dipenuhi
    Hikmah
    Sabtu, 06 April 2024 - 03:10 WIB
    Rukun Zakat Fitrah ini perlu dipahami oleh setiap muslim karena merupakan hal yang membuat sah tidaknya zakat tersebut. Zakat Fitrah jadi salah satu ibadah wajib yang ditunaikan ketika Bulan Ramadan, tepatnya sebelum hari Raya Idul Fitri.
  • Zakat Bukan Suatu Kebaikan Hati Pihak yang Memberi, Begini Penjelasannya
    Tausyiah
    Jum'at, 05 April 2024 - 05:15 WIB
    Zakat itu bukanlah suatu karitas, bukan suatu kebaikan hati pihak orang yang memberikannya, tapi suatu bentuk keadilan internal yang terlembaga, suatu yang diwajibkan.
  • Ketentuan Zakat Fitrah: Lebih Utama Beras atau Uang?
    Tausyiah
    Rabu, 03 April 2024 - 03:05 WIB
    Zakat fitrah menjadi salah satu kewajiban yang harus ditunaikan umat Islam pada bulan Ramadan hingga menjelang Idulfitri. Adapun perintah mengeluarkan zakat fitrah ini didasari oleh sejumlah hadis
  • 6 Lafaz Niat Bayar Zakat Fitrah Lengkap dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya
    Tips
    Senin, 01 April 2024 - 16:05 WIB
    Lafaz niat bayar zakat fitrah ini penting diketahui umat muslim. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan sebab akan membantu seseorang untuk memantapkan niat tersebut.
  • Saatnya Membayar Zakat Fitrah dan Golongan yang Berhak Menerimanya
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 10:25 WIB
    Bulan Ramadan sudah memasuki 10 hari terakhir. Bagi setiap muslim, setelah melaksanakan puasa, ada lagi kewajiban yang harus ditunaikan dalam bulan Ramadan ini, yakni membayar zakat fitrah
  • Mengenal Ragam Zakat yang Harus Ditunaikan Umat Muslim
    Tausyiah
    Senin, 01 April 2024 - 08:14 WIB
    Bagi seorang muslim, membayar zakat adalah suatu kewajiban dan menjadi bagian dari rukun Islam. Siapa saja yang harus bayar zakat ini dan ada berapa macam zakatnya?
  • 8 Golongan Orang yang Berhak Menerima Zakat
    Tausyiah
    Selasa, 26 Maret 2024 - 04:09 WIB
    Dalam prinsip Islam, membayar zakat bukan hanya sekadar kewajiban, tetapi juga merupakan cara untuk membersihkan harta serta memperlihatkan kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan. Lantas siapa saja yang berhak menerima zakat tersebut?
  • Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal Berikut Takarannya
    Tausyiah
    Rabu, 19 April 2023 - 07:01 WIB
    Perbedaan Zakat Fitrah dan Zakat Mal penting diketahui kaum muslim berikut takarannya. Untuk diketahui, zakat sudah diwajibkan sebelum masa Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.
  • 7 Keutamaan Zakat dalam Al-Quran dan Hadis
    Tausyiah
    Sabtu, 15 April 2023 - 23:27 WIB
    Keutamaan zakat dalam Islam penting diketahui kaum muslim. Kata zakat berasal dari bahasa Arab yang artinya menyucikan. Berikut 7 keutamaan zakat dalam Al-Quran dan Hadis.
  • Zakat Konsep Harta yang Bersih Menurut Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 20 Maret 2023 - 17:32 WIB
    Mengkaitkan soal pemerataan, dengan konsep zakat bukan merupakan hal yang tak masuk akal. Bahkan mengkaitkannya dengan rukun Islam yang lain bukan merupakan perkara mustahil.
  • Berikut Ayat-ayat Al-Quran yang Membahas Tentang Zakat
    Hikmah
    Selasa, 24 Januari 2023 - 14:55 WIB
    Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh umat Islam bagi yang mampu dan memiliki kelebihan harta. Berikut ayat dan dalil tentang zakat.
  • Pengertian Kalkulator Zakat Penghasilan dan Cara Menghitungnya
    Tips
    Rabu, 18 Januari 2023 - 14:23 WIB
    Kalkulator zakat penghasilan merupakan layanan yang disediakan oleh Badan Amil Zakat Nasional untuk menghitung jumlah zakat yang harus dikeluarkan oleh umat Islam.
  • Zakat Tak Ada Kaitannya dengan Pemerataan, Begini Penjelasan Kiai Masdar Masudi
    Tausyiah
    Senin, 19 Desember 2022 - 05:15 WIB
    Kiai Masdar mengatakan bicara soal zakat dikaitkan dengan pemerataan ada kesan memaksakan diri, mangada-ada! Anehnya orang tak kunjung kapok menjadikannya sebagai tema
  • Memahami Kembali Perintah Zakat untuk Membangun Ekonomi Umat
    Tausyiah
    Senin, 12 Desember 2022 - 00:43 WIB
    Dua hari lalu, Jumat 9 Desember (Sabtu 10 Desember waktu Indonesia) saya hadir sebagai salah seorang narasumber di acara seminar internasional IKADI (Ikatan Dai Indonesia).
  • Ini Tiga Perbedaan Zakat dan Sedekah
    Tips
    Jum'at, 10 Juni 2022 - 14:16 WIB
    Salah satu amal baik yang dicontohkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam adalah sedekah. Di samping sedekah, di bulan Ramadan umat Islam diwajibkan membayar zakat fitrah.
  • 7 Alasan Mengapa Umat Islam Diwajibkan Membayar Zakat Mal
    Tausyiah
    Jum'at, 29 April 2022 - 23:03 WIB
    Zakat mal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan oleh mereka yang memiliki kelebihan harta atau pendapatan. Berikut alasan mengapa diwajibkan membayar zakat.
  • Hukum Zakat Fitrah Sekeluarga Diberikan kepada Satu Orang Mustahiq
    Tausyiah
    Jum'at, 22 April 2022 - 14:52 WIB
    Sebagian orang menyerahkannya kepada petugas pengumpulan zakat setempat, ada juga yang mengeluarkannya sendiri. Pertanyaannya kemudian, bolehkah zakat fitrah sekeluarga diberikan kepada satu orang?
  • Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi, Wapres Dorong Segera Keluarkan Zakat
    Dunia Islam
    Selasa, 29 Maret 2022 - 14:26 WIB
    Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mendorong muzakki atau orang yang wajib zakat, agar segera mengeluarkan zakat setahun sekali ketika Ramadhan tiba.
  • Membayar Zakat Fitrah Secara Online, Sahkah?
    Muslimah
    Selasa, 11 Mei 2021 - 05:55 WIB
    Allah menitipkan harta benda kepada manusia bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga berbagi ke orang-orang sekitar. Zakat juga difungsikan untuk menyucikan harta.
  • Pintu-pintu Surga Terbuka Bagi yang Mengeluarkan Zakat
    Tausyiah
    Senin, 01 Februari 2021 - 12:01 WIB
    Kemuliaan yang dikaruniakan Allah Taala kepada umat Nabi Muhammad adalah kekhususan pahala dan fadhilah sebesar-besarnya bagi orang yang menunaikan zakat.