Menu Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi SAW

Selasa, 05 April 2022 - 14:39 WIB
loading...
Menu Buka Puasa Sesuai Sunnah Nabi SAW
Salah satu menu buka puasa yang disunnahkan saat Puasa Ramadhan adalah dengan kurma, namun umat Islam Indonesia biasanya menambahkan dengan menu yang manis-manis seperti minum teh manis. Foto istimewa
A A A
Menu buka puasa sesuai sunnah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam ini sudah pasti sangat baik kita amalkan. Berbuka sesuai sunnah juga merupakan tambahan pahala yang melengkapi pahala ibadah puasa wajib di bulan Ramadhan ini.

Syariat memberi tips berbuka seperti yang dicontohkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam yakni dengan memakan 3 biji kurma (jika tidak mampu maka dengan 1 biji kurma). Kemudian, jika tidak memiliki kurma, maka dengan air Zamzam. namun jika tidak memilikinya juga, maka dengan air biasa. Jika tidak memilikinya, maka dengan Hulwun (makanan manis yang tidak dimasak seperti madu). Jika tidak memiliki, maka dengan Halwa (makanan manis yang dimasak).

Baca juga: Cara Berbuka Puasa Sesuai Sunnah

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut penjelasan tentang menu buka puasa yang disunnahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam tersebut, yakni:

1. Kurma

Kurma memang makanan berbuka yang paling afdol dan sangat disukai Nabi Shallallahu alaihi wa sallam. Karena keistimewaan kurna ini, bahkan Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir." [HR Bukhari dan Muslim]

Sudah menjadi rahasia umum bahwa umat muslim disunnahkan memakan 3 butir buah kurma saat adzan magrib berkumandang.

2. Semangka

Hadis Riwayat Abu Daud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam memakan semangka dengan kurma kering.

"Panas di buah ini (kurma) dinetralisir oleh unsur dingin di buah ini (semangka)."(HR Abu Daud dan At Tirmidzi)

Untuk masyarakat muslim Indonesia, semangka bisa menjadi menu andalan saat berbuka untuk menghilangkan dahaga setelah seharian penuh menjalankan ibadah puasa.

3. Labu

Dari Anas bin Malik radhiyallahu'anhu diriwayatkan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

"Sesungguhnya seorang tukang jahit pernah mengundang Rasulullah SAW menghadiri jamuan makan yang ia buat. Aku lalu berangkat bersama Rasulullah SAW memenuhi undangan tersebut. Penjahit itu kemudian menyodorkan roti gandum dan sup yang di dalamnya terdapat buah labu dan daging yang telah dikeringkan kepada Rasulullah SAW. Maka aku melihat Rasulullah SAW memilih-milih buah labu dari sekitar bejana tersebut. Sejak hari itu aku senantiasa menyukai labu." (HR Bukhari)

Di Indonesia dan hampir di seluruh dunia, buah labu tumbuh dengan subur. Di Indonesia, labu adalah buah yang manis yang akan sangat cocok untuk diolah menjadi kolak dan digabungkan dengan pisang yang segar. Diolah menjadi roti pun cukup nikmat.

4. Madu

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur'an dan madu." (HR Bukhari)

Madu memiliki cita rasa yang manis. Madu akan lebih nikmat jika disajikan dengan susu sapi segar sebagai minuman pelengkap saat berbuka dan sahur.

Itulah makanan dan minuman yang menjadi menu berbuka puasa sesuai sunnah Nabi Shallallahu alaihi wa sallam, selain bermanfaat dan dapat pahala, menu ini juga bermanfaat untuk mempertahankan daya tahan tubuh agar selalu sehat.

Baca juga: Hati-hati, Inilah 5 Hal yang Dapat Menghilangkan Pahala Puasa Ramadhan

Wallahu A'lam
(wid)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3128 seconds (10.55#12.26)