Doa Qunut Witir dan Keutamaan Membacanya

Rabu, 06 April 2022 - 15:38 WIB
loading...
Doa Qunut Witir dan Keutamaan Membacanya
Salah satu keutamaan membaca doa Qunut saat Witir adalah dijauhkan dari kejelekan dan keburukan. Foto/Ist
A A A
Bacaan doa Qunut Witir biasanya dibaca setelah memasuki pertengahan bulan Ramadhan atau pada malam ke-15. Doa Qunut sendiri merupakan doa yang biasa dibaca pada saat sholat Subuh dan Witir.

Doa Qunut terbagi menjadi tiga yaitu Qunut Subuh, Qunut Witir dan Qunut Nazilah. Pada bulan Ramadhan, khususnya saat pelaksanaan sholat Tarawih yang dilanjutkan sholat Witir, sebagian muslim biasanya akan membaca doa Qunut witir setelah iktidal atau sebelum sujud pada rakaat terakhir sholat witir.



Berikut bacaan doa Qunut Witir saat melaksanakan sholat witir secara berjamaah:

للَّهُمَّ اهْدِنَا فِيمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنَا فِيمَنْ عَافَيْتَ, وَتَوَلَّنَا فِيمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لَنَا فِيمَا أَعْطَيْتَ وَقِنَا شَرَّ مَا قَضَيْتَ

فَإِنَّكَ تَقْضِى وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ

Allohummahdinaa fiiman hadait, wa 'aafinaa fiiman 'aafait, wa tawallanaa fiman tawallait, wa baarik lanaa fiima a'thoit, wa qina syarro maa qodhoit.

Fainnaka taqdhi walaa yuqdho ‘alaik, wa innahu laa yadzillu man walait, tabaarokta robbanaa wa ta’aalait.

Artinya: "Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau berikan petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa yang telah engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang telah Engkau takdirkan."

"Sesungguhnya, Engkau menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada Engkau. Sesungguhnya orang yang engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Rabb kami yang Maha Tinggi."

Setelah membaca doa tersebut dilanjutkan dengan membaca doa berikut:

فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Falakal hamdu a’la maa qadhait, wa astaghfiruka wa atuubu ilaik, wa shallallahu 'ala sayyidina Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa 'ala Aalihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya: "Segala puji di atas yang Engkau hukumkan. Aku memohon ampun kepadaMu dan aku bertaubat kepadaMu. Semoga Allah mencurahkan rahmat dan kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

Keutamaan Membaca Doa Qunut Witir

1. Diberikan Kesehatan Jasmani
Salah satu keutamaan membaca doa Qunut yaitu diberi kesehatan jasmani bagi muslim yang membacanya. Hal ini tercantum dalam salah satu bacaan doanya "Wa afini fiman 'afait yang artinya memohon perlindungan dan kesehatan.

2. Mendapat Keberkahan
Keutamaan berikutnya adalah mendapat keberkahan dalam hidup. Hal ini tercantum dalam lafal 'wa baariklii fiimaa a'thait' yang berarti memohon keberkahan kepada Allah.

3. Diberi Petunjuk oleh Allah
Keutamaan selanjutnya adalah mendapat petunjuk dari Allah Ta'ala. Sama halnya dengan lafal pertama doa qunut "Allahummahdinii fii man hadait" yang berarti memohon diberikan petunjuk oleh Allah Ta'ala.

4. Dijauhkan dari Keburukan
Keutamaan lain dari membaca doa Qunut adalah dilindungi dari segala keburukan dan kejelekan sebagaimana kalimat permohonan dalam doa tersebut "wa qina syarro maa qodhoit (Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang telah Engkau takdirkan)."

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2061 seconds (0.1#10.140)