Fadhilah Sholat Tarawih Lengkap Malam 1 Sampai 30

Sabtu, 09 April 2022 - 22:10 WIB
loading...
Fadhilah Sholat Tarawih Lengkap Malam 1 Sampai 30
Orang yang mengerjakan sholat Tarawih secara istiqomah karena iman dan ikhlas maka diampuni baginya dosa-dosa yang lampau. Foto/Ist
A A A
Fadhilah (keutamaan) sholat Tarawih dari malam pertama sampai malam 30 perlu diketahui kaum muslim agar semangat ibadah di bulan Ramadhan kian bertambah.

Dalam hadis sahih, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menerangkan keutamaan sholat malam (Tarawih) pada bulan Ramadhan.

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

"Barangsiapa sholat malam (tarawih) di bulan Ramadhan karena beriman dan ikhlas, maka diampuni baginya dosa yang telah lampau." (HR Al-Bukhari, Muslim)

Adapun fadilah sholat Tarawih setiap malam dari malam 1-30 disebutkan dalam Kitab Durrotun Nashihin karya Syekh Usman bin Hasan bin Ahmad Syakir al-Khaubawi (wafat 1824 M). Durratun Nashihin memiliki arti "Mutiara para Penasehat" di dalamnya berisi nasihat-nasihat, peringatan, kisah hikmah. Kitab ini sering dipakai oleh penuntut ilmu di pesantren.

Berikut Fadilah Sholat Tarawih dari Malam 1 sampai 30:

1. Malam ke-1 Dosa-dosanya Dikeluarkan

عن على بن ابى طالب رضى الله تعالى عنه انه قال سئل النبى عليه الصلاة والسلام عن فضائل التراويح فى شهر رمضان فقال يخرج المؤمن من ذنبه فى اول ليلة كيوم ولدته امه

Artinya: "Diriwayatkan dari Ali bin Abi Tholib bahwa sesungguhnya Ali berkata bahwa Nabi 'alaihis sholatu wassalamu ditanya tentang keutamaan tarawih di bulan Ramadhan. Maka Nabi menjawab: "Pada malam pertama keluarlah dosa orang mukmin (yang melakukan tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia."

2. Malam ke-2 Dosa Orang Tuanya Diampuni

وفى الليلة الثانية يغفر له ولأبويه ان كان مؤمنين

Artinya: "Pada malam yang kedua, orang yang sholat tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya jika keduanya mukmin."

3. Malam ke-3 Dosa-dosa Diampuni

وفى الليلة الثالثة ينادي ملك من تحت العرش استأنف العمل غفر الله ما تقدم من ذنبك

Artinya: "Pada malam ketiga, Malaikat di bawah 'Arasy berseru, mulailah melakukan amal kebaikan (sholat Tarawih) maka Allah akan mengampuni dosamu."

4. Malam ke-4 Dapat Pahala Membaca Kitab

وفى الليلة الرابعة له من الاجر مثل قراءة التورات والانجيل والزبور والفرقان

Artinya: "Pada malam keempat, bagi yang melakukan tarawih dapat pahala sebagaimana pahala orang yang membaca Kitab Taurot, Injil, Zabur dan Al-Qur'an."

5. Malam ke 5 Dapat Pahala Orang yang Sholat di Masjidil Haram

وفى الليلة الخامسة اعطاه الله تعالى مثل من صلى فى المسجد الحرام و المسجد المدينة والمسجد الاقصى
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)