Pendapat Gus Baha Tentang Sholat Tarawih Kilat 7 Menit

Selasa, 12 April 2022 - 22:56 WIB
loading...
Pendapat Gus Baha Tentang Sholat Tarawih Kilat 7 Menit
Gus Baha memberi pendapat tentang sholat Tarawih kilat 7 menit seperti yang terjadi di Blitar. Foto/dok Channel Pelangi Islam
A A A
Ulama ahli tafsir Al-Qur'an Gus Baha memberi pendapat tentang sholat Tarawih kilat 7 menit seperti yang terjadi di Blitar. Menurut beliau, sholat Tarawih 20 rakaat dikerjakan selama 7 menit itu sungguh terlalu.

"Untuk kelangsungan Islam ini bisa bahaya, karena nanti umat tidak lagi ikhlas mengerjakan sholat Tarawih. Kalau bukan karena petunjuk dari Rasulullah SAW, kita tidak akan bisa menikmati sujud dan rukuk," kata ulama bernama KH Ahmad Bahauddin Nursalim dalam ceramah yang diunggah Channel Youtube Pelangi Islam 5 April 2022.

Lihat Juga: Viral! Gelar Salat Tarawih Kilat 23 Rakaat Hanya Dalam Waktu 6 Menit

Gus Baha mengatakan bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengajarkan kita untuk tuma'ninah (diam atau tenang sejenak) ketika sujud dan rukuk.

Berikut penjelasan lengkap Gus Baha dilansir dari iqra.id:

"Nanti kalau ada salahnya dan ditanya Allah: "Ha', sujud kok cepete ngono? (Ha', sujud kok cepat begitu!?)"

"Lah imame cepet ngoten Gusti (Allah). Jarene makmum ken anut imam? (kan imamnya cepat, Gusti. Katanya makmum harus ikut imam!?)." Makanya, kelak yang "diburu" (dimintai pertanggungjawaban) adalah imam.

Menurut ilmu Fikih, "Wa yajibu alal-makmuumi mutaaba’atul imaam" (makmum wajib mengikuti imam). Kelak kalau ditanyai Allah, "Ha, sholatmu kok cepet ora thuma’ninah?" "Imame, Gusti. Kulo kan wajib anut imam (imamnya, Gusti. Saya kan wajib mengikuti imam)."

Ketika si imam ditanyai, "Imam, kenapa kok sholatmu cepet!?" "Permintaan pasar," jawab imam. Bebas hisab! Imam melakukan itu karena tahu, konsumennya minta seperti itu. Sebab kalau mencoba Tarawih lama, musholla-nya sepi.

Wong cah enom kalau Tarawih takok, "Seng cepet endi?" Ora, "Seng apik endi?" (anak muda kalau Tarawih tanya, "Yang cepat mana?" Bukan, "Yang baik mana?".

Saya pernah di Lasem (daerah di Kabupaten Rembang), ada imam sepuh (tua renta) sedang berjalan ke tempat pengimaman (mihrab masjid). Lalu ada orang di belakang ngomong, "Waduh kok Mbah iku, suwi iki!" Ojo-ojo Gus! Pindah-pindah!" (Waduh, kok Mbah itu, lama ini. Jangan Gus! Pindah-pindah!)

Saya sampai sekarang tidak pernah mengimami sholat Tarawih. Masalahnya saya tidak siap tanggung jawab. Jadi makmum saja. Menurut saya, kalau Tarawih terlalu lama juga keberatan. Tapi, mudah-mudahan diterima Allah.

Saya ingin melatih kalian berpikir logika Nabi. Harus latihan. Di dunia ini cuma mampir minum. Kita semua sebentar lagi meninggal. Soalnya umur rata-rata itu 60-70 tahun. Setelah itu meninggal. Ketika kita meninggal, yang kita kenang di dunia hanya sujud, karena itu perintahnya Allah, wasjud waqtarib.

Kita ini di dunia, disuruh sujud. Bukan disuruh untuk kaya, punya jabatan, tapi disuruh sujud. Meskipun kamu tidak apa-apa jika punya jabatan dan uang, tapi perintah Allah itu untuk bersujud. Dan kita sujud! Itulah cara logika Nabi! Nabi itu kalau sholat itu nyaman sekali.

Saking nyamannya, kalau baca sampai 200 ayat. "Berani kalian makmum sama Nabi?" Ada sahabat yang coba menghitung lamanya sholat Nabi. Nabi itu sholat sedang takbir, ia berkata, "Aku pernah mencoba hitung, aku tinggal pulang, menyembelih kambing, aku kuliti, masak lalu makan. Lalu saat kembali lagi, Nabi masih di rakaat pertama."

Coba! Dulu kan belum ada jam. Cara menghitungnya seperti itu. "Berani kamu?" Makanya kalau Nabi tahu Tarawih model Wonokromo, Jejeran. Padahal, Wonokromo sudah bagus, sudah standar.

Apalagi kalau melihat Tarawih Blitar. Tarawih di Blitar berapa? Tujuh (7) menit malah. Itu gimana? Itu umatnya Nabi Sulaiman bukan umatnya Nabi Muhammad.

Pengikutnya Ashif bin Barkhiya (yang membawa Istana Bilqis). Model kilat! Nek kulo mboten cocok, karepe piye kiaine! (Model kilat! Kalau saya tidak cocok, maksudnya bagaimana kiainya!)

Tujuh menit bagi dua puluh rakaat, berapa? "Satu menit, tiga rakaat." Kalau satu menit dapat tiga rakaat, lalu Fatihah-nya itu berapa huruf? "Terlalu…!"

Makmum sama Nabi lho seru! Dua ratus ayat! Nabi ya enjoy, asyik. Makmum juga asyik. Sama pahamnya, sama sholehnya. Setelah sholat, bahagia semua. Hal ini karena ketenangan jiwa ada dalam shalat. Tapi ini nyata. Andaikan kalian, sudahlah nggak perlu sesaleh Nabi.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2163 seconds (0.1#10.140)