Di Sepertiga Ramadhan, 8 Juta Liter Air Zamzam Dibagikan pada Pengunjung Masjidil Haram

Kamis, 14 April 2022 - 00:15 WIB
loading...
Di Sepertiga Ramadhan, 8 Juta Liter Air Zamzam Dibagikan pada Pengunjung Masjidil Haram
Di Sepertiga Ramadhan, 8 Juta Liter Air Zamzam Dibagikan pada Pengunjung Masjidil Haram. FOTO/Saudi Press Agency
A A A
RIYADH - Delapan juta liter air Zamzam telah dibagikan kepada pengunjung di Masjidil Haram di Makkah selama sepuluh hari pertama Ramadhan . Delapan juta liter air Zamzam tersebut didistribusikan dalam tiga juta botol sekali pakai.

Seperti dilaporkan Arab News, botol-botol itu disebar melalui 25.000 kontainer yang tersebar di sekitar masjid, 250 tas punggung yang dibawa oleh karyawan, 58 gerobak pintar dengan kapasitas masing-masing 80 liter, dan 33 gerobak khusus yang masing-masing menampung 100 botol.

Baca: Saudi Gunakan Robot untuk Bagikan Air Zamzam untuk Jamaah Haji

Air Zamzam, yang diambil dari sumur di bawah Masjidil Haram. Sejarawan dan ahli geologi sepakat bahwa sumur Zamzam, yang terletak hanya 20 meter di sebelah timur Ka'bah di Masjidil Haram, mungkin berusia setidaknya 4.000 tahun.

Umat Muslim percaya itu dibangun di atas mata air yang memancar secara ajaib untuk meringankan penderitaan Hajar dan Ismael, istri dan bayi putra Nabi Ibrahim, yang ditinggalkan sendirian di padang pasir atas perintah Allah.

Sahih Al-Bukhari abad ke-9, yang dianggap sebagai kumpulan hadits yang paling otoritatif yang merekam ucapan dan ajaran Nabi Muhammad, menceritakan bagaimana Hajar, yang dengan putus asa mencari air, berlari tujuh kali antara bukit Safa dan Marwa sebelum Malaikat Jibril muncul dan menyebabkan air mengalir dari tanah tandus.

Baca: Insinyur Pemugar Sumur Suci Zamzam Wafat, Arab Saudi Berduka

Menurut Pusat Studi dan Penelitian Zamzam Saudi Geological Survey, nama Zamzam “berasal dari frasa Zome Zome, yang berarti ‘berhenti mengalir,’ sebuah perintah yang diulangi oleh Hajar selama upayanya untuk menahan mata air.”

Arab News juga melaporkan, sekitar 1,3 juta makanan buka puasa telah dibagikan kepada pengunjung di Masjid Nabawi di Madinah selama sepertiga pertama Ramadhan. Lebih dari 1,2 juta botol Zamzam dibagikan kepada jamaah di masjid selama periode yang sama.

Selain itu, 14.000 wadah pengeluaran yang tersebar di sekitar masjid diisi tiga kali sehari untuk menyediakan air suci dalam jumlah yang cukup bagi pengunjung. Lebih dari 6 juta orang mengunjungi masjid selama sepuluh hari pertama Ramadhan dan hampir 300.000 jamaah dapat berdoa di Rawdah Suci setelah memesan slot waktu untuk melakukannya.

Baca: Kisah Penemuan Harta Karun Saat Abdul Muthalib Menggali Sumur Zamzam

Sementara itu, lebih dari 100 petugas telah dikerahkan ke berbagai pintu masuk masjid, yang 100 di antaranya digunakan saat ini, untuk menyambut pengunjung. Para petugas itu juga mengarahkan jamaah, mengatur arus massa, dan mendukung personel keamanan dalam mengarahkan orang dari satu bagian ke bagian lain ketika berdoa.

Dilaporkan pula, Masjidil Haram telah dibersihkan 100 kali pada sepertiga pertama Ramadhan oleh 4.000 petugas. Setiap kali dibersihkan, digunakan 1.300.000 liter desinfektan dan 25.000 liter wewangian.

(esn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1545 seconds (10.55#12.26)