Dompet Dhuafa Distribusikan Zakat Fitrah Kepada Masyarakat Kronjo di Pertengahan Ramadhan

loading...
Dompet Dhuafa Distribusikan Zakat Fitrah Kepada Masyarakat Kronjo di Pertengahan Ramadhan
Salah satu warga Kampung Kronjo Pamong, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten yang mendapat zakat dari Dompet Dhuafa, 14 April 2022 lalu. Foto dok Dompet Dhuafa
TANGERANG - Dompet Dhuafa mulai mendistribusikan zakat fitrah di pertengahan Ramadhan ini. Lokasi pertama yang dituju adalah masyarakat pesisir di Kampung Kronjo Pamong, Kronjo, Kabupaten Tangerang, Banten. Masyarakat pemukiman yang tepat berada ditepi muara ini menjadi sasaran pertama untuk menggulirkan Program Tebar Zakar Fitrah pada Kamis (14/4/2022) lalu.

Pendistribusian zakat fitrah ini sudah dimulai dari minggu-minggu pertengahan bulan Ramadhan agar masyarakat bisa langsung dirasakan oleh masyarakat membutuhkan terutama saat naiknya beberapa kebutuhan pokok sehari-hari.

Secara keseluruhan, ada 100 paket zakat fitrah yang didistribusikan kepada masyarakat membutuhkan di wilayah Kronjo. Pendistribusian dilakukan secara langsung ke rumah-rumah warga agar lebih tepat sasaran dan akuntabel. Ustaz Daenuri dari Program Bimbingan Rohani, Lembaga Pelayan Masyarakat (LPM) Dompet Dhuafa yang melakukan penyaluran kali ini berharap penyaluran zakat fitrah di wilayah Kronjo mampu membantu perekonomian masyarakat terutama untuk membeli kebutuhan bahan pokok.

Baca juga: Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin

"Warga di sini walaupun hidup di pesisir tidak semuanya adalah nelayan, kebanyakan sudah beralih profesi sebagai buruh. Kita mencoba membantu mengurangi beban masyarakat untuk membeli beras dan kebutuhan pokok lainnya dengan menyalurkan zakat fitrah ini. Akan ada 100 paket zakat fitrah yang akan didistribusikan di wilayah Kronjo untuk mereka yang membutuhkan," jelas Ustaz Daenuri.

Masyarakat penerima manfaat sangat senang dengan adanya pendistribusian zakat fitrah ini, salah satunya Robiati yang ditemui berhasil tim Dompet Dhuafa sambangi di kediamannya. Ia merasa lebih diperhatikan setelah mendapatkan paket zakat fitrah ini, bahkan menurut pengakuannya saat ini kondisi ekonomi keluarganya sedang dilanda kegalauan untuk membeli berbagai kebutuhan sehari-hari.

"Kondisi perekonomian saya hari ini ya sedang galau. Ditambah dengan naiknya harga bahan pokok seperti minyak goreng membuat semakin sulit. Saya berterima kasih sudah diberikan bantuan seperti ini, semoga kedepannya bisa lebih diperhatikan lagi orang-orang seperti saya ini," ungkap Robiati.

Selain Robiati ada juga Magfiroh yang juga menjadi penerima manfaat dari Program Tebar Zakat Fitrah Dompet Dhuafa. Magfiroh berterima kasih kepada Dompet Dhuafa dan para donatur yang telah menebarkan kebaikan serta meringankan beban masyarakat membutuhkan melalu program ini.

"Terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang sudah memberikan bantuan dalam Program Tebar Zakat Fitrah. Semoga ke depannya semakin sukses dan hal ini bisa menjadi keberkahan untuk kita semua di bulan Ramadan ini," ujar Magfiroh.

Di waktu yang bersama pendistribusian juga dilakukan di lokasi lain seperti wilayah Serang, Banten. Selanjutnya Program Tebar Zakat Fitrah ini akan terus berlanjut hingga penghujung Ramadan 1443 H yang menyasar berbagai wilayah di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Ini andalah bentuk komitmen Dompet Dhuafa untuk menjaga amanah dari para donatur dalam menyalurkan zakat fitrah dan berbagai donasi lainnya.

Baca juga: Jadwal Imsakiyah dan Sholat Jakarta, Bandung, Surabaya dan Medan, 17 Ramadhan 1443 Hijriyah
(wid)
preload video