Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin

Minggu, 17 April 2022 - 22:40 WIB
loading...
Ini Doa Bagi yang Menerima Zakat Lengkap Arab dan Latin
Para penerima zakat (mustahik) dianjurkan mendoakan mereka yang menyerahkan zakatnya. Foto/dok SINDOnews
A A A
Bagi orang yang menerima zakat (mustahik) dianjurkan mendokan mereka yang menyerahkan zakat. Momen penyerahan zakat biasanya dilakukan jelang hari raya Idul Fitri.

Zakat adalah adalah bagian dari harta yang harus dikeluarkan setiap muslim saat mencapai batas tertentu. Pemberinya disebut Muzakki dan penerimanya disebut Mustahik.

Dalam hadis Rasulullah SAW dianjurkan bahwa penerima zakat mendoakan mereka yang menyerahkan zakatnya.

وينبغي للآخذ أن يدعو للمعطي لقوله صلى الله عليه وسلم من أسدى إليكم معروفا فكافئوه فإن لم تقدروا على مكافأته فادعوا له أي من أحسن إليكم أي إحسان فكافئوه بمثله فإن لم تجدوا فبالغوا في الدعاء له جهدكم حتى تحصل المثلية

Artinya: "Seyogianya orang yang menerima zakat mendoakan mereka yang menyerahkan zakatnya sesuai hadits Rasulullah SAW, ‘Siapa saja yang memberikan kebaikan kepadamu, maka balaslah kebaikannya. Jika kalian tidak sanggup membalasnya, doakanlah dia. Dengan kata lain, siapa saja yang berbuat kebaikan kepadamu, maka balaslah ia dengan kebaikan serupa. Jika kalian tidak sanggup, maka doakanlah ia dengan sungguh-sungguh hingga terwujud pembalasan kebaikan yang setara." (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain)

Berikut doa menerima zakat fitrah seperti dilansir NU Online:

طَهَّرَ اللهُ قَلْبَكَ فِي قُلُوْبِ الأَبْرَارِ وَزَكَّى عَمَلَكَ فِي عَمَلِ الأَخْيَارِ وَصَلَّى عَلَى رُوْحِكَ فِي أَرْوَاحِ الشُّهَدَاءِ


Thahharallaahu qalbaka fī quluubil abroor, wa zakkaa 'amalaka fī 'aamalil akhyaar, wa sholla 'alaa ruuhika fī arwaahis syuhadaa.

Artinya: "Semoga Allah menyucikan hatimu pada hati para hamba-Nya yang abrar. Semoga Allah bersihkan amalmu pada amal para hamba-Nya yang akhyar. Semoga Allah bershalawat untuk rohmu pada roh para hamba-Nya yang syahid."

Doa ini dapat dijadikan lafal alternatif bagi para mustahik Zakat Fitrah. Semoga bermanfaat!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1710 seconds (0.1#10.140)