6 Julukan Bulan Syawal yang Penuh Keistimewaan

Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:01 WIB
loading...
6 Julukan Bulan Syawal yang Penuh Keistimewaan
Saking istimewanya bulan Syawal dalam kalender Islam memiliki banyak julukan, salah satunya adalah bulan silaturahmi. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Saat ini kita telah masuk di bulan Syawal dalam kalender Islam . Setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan, juga banyak amalan yang dapat dilakukan di bulan Syawal ini. Selain penuh dengan amalan, bulan syawal juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?

Dirangkum dari berbagai sumber berikut julukan untuk bulan Syawal ini dan keistimewaannya, yakni :

1. Bulan kembali ke fitrah

Setelah melaksanakan puasa Ramadhan selama sebulan penuh, maka pada bulan Syawal adalah bulan kembalinya umat Islam kepada fitrahnya, diampuni semua dosanya. Karenanya masuk 1 Syawal, umat Islam merayakan Hari Ratya Idul Fitri dan diharamkan berpuasa.



2. Bulan takbir

Pada tanggal 1 Syawal, seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia akan mengumandangkan takbir. Takbir akan terdenger serentak oleh seluruh umat Islam. Takbir akan mulai dikumandangkan begitu malam memasuki tanggal 1 Syawal (malam takbiran), menjelang Shalat Idul Fitri.

Ini merupakan bentuk rasa syukur atas keberhasilan ibadah Ramadhan selama sebulan penuh. Pada saat ini pula umat Islam akan memperbanyak dzikir, takbir, tahmid, dan tasbih.

3. Bulan silaturahmi

Pada bulan ini akan terlihat banyak umat Islam yang melakukan silahturahmi atau yang biasa disebut dengan halal bihalal. Saling berkunjung ke sanak suadara, kerabat dan tetangga untuk silaturahmi sekaligus bermaaf-maafan.

4. Bulan ceria

Syawal merupakan bulan dimana banyak umat Islam yang bersuka cita, bersalaman, berpelukan, bertangis bahagia, mengucap syukur yang agung, meminta maaf, dan memaafkan yang bersalah. Ini merupakan bulan yang penuh dengan nuansa ceria.

5. Bulan nikah

Bulan Syawal dipercayai sebagai bulan yang baik untuk melangsungkan pernikahan. Di bulan ini pula Rasulullah melangsungkan pernikahan dengan istrinya, Sayyidah Aisyah.

Hal ini juga merupakan dobrakan kepada tradisi jahiliyah yang menentang untuk menikah pada bulan Syawal.

6. Bulan pembuktian takwa

Inilah makna terpenting di bulan Syawal. Selain untuk membuktikan takwa umat Islam, di bulan Syawal juga merupakan bulan dimana kualitas dan kuantitas ibadah meningkat.

Julukan untuk bulan Syawal ini tidak terlepas dari amalan-amalan sunnah yang baik yang dianjurkan untuk kita amalkan di bulan Syawal ini, antara lain:

1. Berpuasa selama 6 hari di bulan Syawal
2. Iktikaf
Iktikaf biasanya dilakukan pada malam terakhir pada bulan Ramadhan, namun juga bisa di ganti pada saat masuk ke bulan Syawal.
3. Menikah pada bulan Syawal
4. Bertakbir malam Idul Fitri
5. Shalat Hari Raya atau Shalat Ied
6. Meningkatkan shalat 5 Waktu
7. Melanjutkan Qiyamullail dan Tadarus Al-Qur’an
8. Memperbanyak puasa sunnah lainnya
9. Bersedekah



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3474 seconds (0.1#10.140)