Kumpulan Artikel: Kalender Islam

  • Sejarah Kalender Hijriah dan Penetapan Muharam Sebagai Bulan Pertama
    Dunia Islam
    Jum'at, 21 Juli 2023 - 05:10 WIB
    Sejarah kalender Hijriah dan penetapan Muharam sebagai bulan pertama menarik untuk diketahui. Sudah menjadi tradisi, Tahun Baru Islam diperingati setiap 1 Muharam.
  • Kalender Islam Global Jadi Pembicaraan dalam Silaturahmi Idulfitri 1444 H PP Muhammadiyah
    Dunia Islam
    Senin, 01 Mei 2023 - 10:56 WIB
    Ketua PP Muhammadiyah, Syamsul Anwar, mengulik perihal Kalender Islam Global dalam acara Silaturahmi Idulfitri 1444 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
  • Kisah Kafir Quraisy Jadikan Setahun 13 Bulan, Maka Turunlah Ayat Ini
    Hikmah
    Minggu, 29 Januari 2023 - 22:19 WIB
    Dulu kaum kafir Quraisy mengubah hukum dan ketentuan Allah dengan pendapatnya sendiri. Mereka menjadikan bilangan bulan dalam satu tahun sebanyak 13 bulan. Berikut kisahnya.
  • Selamat Datang Rabiul Akhir, Ini 7 Peristiwa Penting dalam Sejarah Islam
    Dunia Islam
    Kamis, 27 Oktober 2022 - 05:10 WIB
    Hari ini kita memasuki bulan Rabiul Akhir 1444 Hijriyah bertepatan Kamis (27/10/2022). Berikut tujuh peristiwa penting bulan Rabiul Akhir dalam sejarah Islam.
  • 3 Keutamaan Bulan Safar dan Doa yang Dianjurkan Nabi
    Hikmah
    Rabu, 31 Agustus 2022 - 21:14 WIB
    Shafar atau Safar merupakan bulan kedua dalam kalender Islam (Hijriyah). Meski tidak seagung bulan Muharram, bulan Safar memiliki keutamaan tersendiri.
  • cover top ayah
    وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسَانَ بِوَالِدَيۡهِ اِحۡسَانًا‌ ؕ حَمَلَـتۡهُ اُمُّهٗ كُرۡهًا وَّوَضَعَتۡهُ كُرۡهًا‌ ؕ وَحَمۡلُهٗ وَفِصٰلُهٗ ثَلٰـثُوۡنَ شَهۡرًا‌ ؕ حَتّٰٓى اِذَا بَلَغَ اَشُدَّهٗ وَبَلَغَ اَرۡبَعِيۡنَ سَنَةً  ۙ قَالَ رَبِّ اَوۡزِعۡنِىۡۤ اَنۡ اَشۡكُرَ نِعۡمَتَكَ الَّتِىۡۤ اَنۡعَمۡتَ عَلَىَّ وَعَلٰى وَالِدَىَّ وَاَنۡ اَعۡمَلَ صَالِحًا تَرۡضٰٮهُ وَاَصۡلِحۡ لِىۡ فِىۡ ذُرِّيَّتِىۡ ؕۚ اِنِّىۡ تُبۡتُ اِلَيۡكَ وَاِنِّىۡ مِنَ الۡمُسۡلِمِيۡنَ
    Dan Kami perintahkan kepada manusia agar berbuat baik kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Masa mengandung sampai menyapihnya selama tiga puluh bulan, sehingga apabila dia (anak itu) telah dewasa dan umurnya mencapai empat puluh tahun dia berdoa, Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridhai; dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sungguh, aku termasuk orang muslim.

    (QS. Al-Ahqaf Ayat 15)
    cover bottom ayah
  • Keutamaan Dzulqadah, Bulan Haram yang Dimuliakan Allah
    Tausyiah
    Senin, 30 Mei 2022 - 15:54 WIB
    Dzulqadah merupakan bulan ke-11 dalam kalender Hijriyah setelah Syawal. Keutamaan Dzulqadah sendiri termasuk ke dalam bulan suci atau bulan haram yang dimuliakan Allah.
  • 6 Julukan Bulan Syawal yang Penuh Keistimewaan
    Dunia Islam
    Jum'at, 06 Mei 2022 - 16:01 WIB
    Saat ini kita telah masuk di bulan Syawal dalam kalender Islam. Selain penuh dengan amalan, bulan syawal juga memiliki beragam julukan, karena keistimewaaannya tersebut. Julukan apa saja?
  • Selamat Datang Dzulqadah, Bulan Larangan Berbuat Aniaya
    Hikmah
    Sabtu, 12 Juni 2021 - 12:02 WIB
    Selamat datang Dzulqaqah, Marhaban Yaa Asyhurul Hurum. Hari ini kita memasuki 1 Dzulqadah 1442 Hijriyah bertepatan Sabtu (12 Juni 2021). Berikut keutamaanya.
  • Kalender Islam 2021, Lengkap Selama Setahun Penuh
    Dunia Islam
    Rabu, 09 Juni 2021 - 10:55 WIB
    Pada Juni tahun ini bertepatan dengan bulan Syawal dan Zulkaidah 1442 H. Hari terakhir bulan Syawal atau tanggal 30 Syawal 1442 H jatuh pada Jumat, 11 Juni 2021.