Bulan Syawal Musim Kawin, Berikut Doa Pengantin Baru

loading...
Bulan Syawal Musim Kawin, Berikut Doa Pengantin Baru
Banyak di antara umat muslim memilih menikah di bulan Syawal untuk mengikuti sunnah Rasulullah yang menikah dan berumah tangga dengan Sayyidah Aisyah pada bulan Syawal. Foto ilustrasi/Ist
Bulan Syawal identik dengan musim kawin atau pernikahan. Banyak di antara umat muslim memilih menikah di bulan Syawal untuk mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam yang menikah dan berumah tangga dengan Sayyidah Aisyah rahiyallahu 'anhu pada bulan Syawal.

Bagi yang melangsungkan pernikahan atau ingin menghadiri pesta nikah, berikut doa-doa yang dapat kita amalkan. Sejatinya ada beberapa lafazh doa pengantin baru yang dianjurkan untuk dibaca pada pesta pernikahan. Berikut doa-doanya :

1. Doa untuk Pengantin Baru

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Barakallahu laka wa baraka 'alaika wa jama'a bainakum fii khair.

Artinya: "Semoga Allah memberkahimu di waktu bahagia dan memberkahimu di waktu susah, serta semoga Allah mempersatukan kalian berdua dalam kebaikan." (HR. Abu Dawud 2130)

2. Doa untuk Keluarga yang Mengundang

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allohumma Ighfir Lahum, Warhamhum, Wa Baarik Lahum Fiimaa Royaqtahum

Artinya: "Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa-apa yang Engkau karuniakan kepada mereka." (HR. Ahmad)

3. Doa Suami untuk Istrinya Setelah Akad Nikah

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

Allahumma inni As aluka khairuha wa khairu ma jabaltaha 'alaihi, wa 'audzubika min syarri ha wa syarri ma jabaltaha 'alaih.

Artinya: "Ya Allah. Sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikan perempuan ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya. Dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari kejelekan perempuan ini dan apa yang telah Engkau ciptakan dalam wataknya." (HR. Abu Dawud, Ibnu Majah dan lihat Shahih Ibnu Majah)

4. Doa Sebelum Berhubungan Badan

بِاسْمِ اللَّهِ، اللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

Bismillaahi, Allahumma jannibnasy syaithoona wa jannibisy syaithona ma Rozaqtanaa.

Artinya: "Dengan (menyebut) nama Allah. Ya Allah, jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezeki (keturunan) yang Engkau anugerahkan kepada kami." (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

5. Doa Meminta Keturunan yang Saleh

رَبِّ هَبْ لِيْ مِنَ الصّٰلِحِيْنَ

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (keturunan) yang termasuk orang yang saleh." (QS. As-Saffat: 100)

رَبِّ هَبْ لِى مِن لَّدُنكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً ۖ إِنَّكَ سَمِيعُ ٱلدُّعَآءِ

Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau keturunan yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa." (QS. Ali Imran: 38)

Baca Juga: Bulan yang Baik untuk Menikah Menurut Islam, Bulan Syawal Sangat Dianjurkan
(rhs)
preload video