5 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Sebelum Tidur

loading...
5 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk Sebelum Tidur
Salah satu surat AL-Quran yang memiliki keutamaan luar biasa adalah Surat Al-Mulk. Foto ilustrasi/Ist
Setiap surat dalam Al-Qur'an memiliki keutamaan masing-masing. Salah satu surat yang memiliki keutamaan luar biasa adalah Surat Al-Mulk.

Surat ini terdiri dari 30 ayat dan termasuk golongan surat Makiyyah. Dalam Surat Al-Mulk terkandung makna tentang kekuasaan Allah dalam penciptaan dunia.

Berikut 5 Keutamaan dan Manfaat Membaca Surat Al-Mulk:

1. Dijauhkan dari Maksiat
Seperti yang dijelaskan oleh Syaikh As Sa'di: "Mereka takut kepada Allah dalam setiap keadaan sampai-sampai pada keadaan yang tidak ada yang mengetahui amalan mereka kecuali Allah. Mereka tidak melakukan maksiat dalam kesunyian. Mereka pun tidak mengurangi ketaatan mereka ketika itu."

Dalam Surat Al-Mulk ayat 12 Allah berfirman yang artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya Yang tidak nampak oleh mereka, mereka akan memperoleh ampunan dan pahala yang besar."

Berdasarkan kedua dalil di atas, jelas bahwa orang yang taat kepada Allah akan tetap taat meskipun saat melakukan ibadah tidak ada orang yang melihatnya. Orang yang beriman akan tetap taat kepada Allah meski dalam kesunyian malam dan takut melakukan perbuatan maksiat.

2. Diampuni Dosa-dosanya oleh Allah
Manfaat membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur yang selanjutnya adalah diampuni dosa-dosanya oleh Allah. Hal ini seperti tercatat dalam hadis dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Ada surat dari Al-Qur'an yang terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat memberikan syafa'at bagi 'temannya' (yakni orang yang banyak membacanya) sehingga orang tersebut diampuni dosanya, yaitu: Surat Tabarakallazi bi yadihil mulk." (HR Abu Dawud dan Tirmidzi)

3. Selamat dari Siksa Kubur dan Siksa Neraka
Manfaat membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur yang sangat luar biasa adalah bisa menghindarkan diri seorang muslim dari siksa kubur dan siksa neraka yang pedih.

Hal ini seperti hadis dari Abdulloh bin Mas'ud mengatakan: "Barangsiapa membaca surat Tabarokalladi bi yadihil mulk setiap malam, maka Allah 'azza wa jalla menghindarkannya dari azab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) di saat Rasulullah-shallallahu alaihi wasallam- (masih hidup) menamainya " al-Mani'ah" (penghindar/penghalang). Sungguh surat tersebut ada dalam Kitabullah, barangsiapa membacanya dalam suatu malam, maka ia telah banyak berbuat kebaikan." (HR. AN-Nasa'i)

4. Masuk Surga atas Ridho Allah
Surga adalah tujuan kita para umat muslim. Dengan membaca Surat Al-Mulk sebelum tidur atas izin Allah kita bisa masuk ke surganya. Hal ini seperti sebuah hadis dari Anas bin Malik mengatakan, bahwa Rasulullah bersabda: "Ada surat dari Al-Qur'an, ia hanya terdiri dari 30 ayat, surat tersebut dapat membela 'temannya' sehingga memasukkannya ke surga, yaitu: Surat Tabarok (Surat Al-Mulk)." (HR at-Thobroni)

5. Pertolongan di Hari Kiamat
Selain mencegah dari siksa kubur, membaca surat Al-Mulk sebelum tidur juga bisa menjadi sarana pertolongan pada hari kiamat. Karena pada saat itu tidak ada pertolongan dari siapapun kecuali dari amal ibadah kita selama di dunia.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Bahwasannya satu surat dari kitab Allah yang isinya 30 ayat, dapat memberikan syafaat pada seseorang pada hari kiamat, mengeluarkannya dari neraka dan memasukkannya ke surga yaitu Surat 'Tabarak'. (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)

Yang dimaksud surat Tabarak dalam hadis tersebut adalah Surat Al-Mulk. Selamat mengamalkan.

Baca Juga: 3 Keutamaan Surat Al Mulk yang Menakjubkan
(rhs)
preload video