Amalan Penarik Rezeki Berdasarkan Al-Qur'an dan Hadis

loading...
Amalan Penarik Rezeki Berdasarkan Al-Quran dan Hadis
Ada banyak amalan untuk menarik pintu rezeki yang tercantum dalam Al-Quran dan Hadis, umat muslim bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Foto ilustrasi/ist
Amalan penarik rezeki atau pembuka pintu rezeki, banyak kita temukan di dalam Al-Qur'an maupun Hadis Nabi. Dalam Al-Qur'an, Allah Ta'ala menegaskan dalam firman-Nya bahwa Dia adalah Zat yang Maha Pengasih dan Pemberi rezeki. Karena itu, setiap muslim hendaknya menjadikan Al-Qur'an sebagai petunjuk untuk melapangkan rezeki.

Berikut empat amalan ringan pembuka pintu rezeki menurut Al-Qur'an dilansir dari berbagai sumber, yakni:

Baca juga: Begini Cara Allah Menjamin Rezeki Makhluk-Nya

1. Takwa dan Tawakkal

Puncak keimanan bagi seorang muslim adalah menjadi orang yang bertakwa. Takwa dalam arti meninggalkan segala larangan-Nya dan mengerjakan perintah-Nya. Orang yang bertakwa biasanya menjadikan tawakkal (berserah diri) sebagai pakaiannya. Takwa dan tawakkal menjadi salah satu amalan pembuka pintu rezeki sebagai firman-Nya:

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا


"Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu." (QS At Thalaq: 3)

2. Istighfar

Manusia sebagai makhluk yang dhaif (lemah), hendaknya seseorang memperbanyak istighfar dan bertaubat dari segala dosa dan maksiat. Mereka yang bertobat dan memperbanyak kalimat istighfar ini akan mendapat jalan keluar dari kesulitannya.

Allah Ta'ala berfirman:

فَقُلْتُ اسْتَغْفِرُوا رَبَّكُمْ إِنَّهُ كَانَ غَفَّارًا . يُرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْكُمْ مِدْرَارًا . وَيُمْدِدْكُمْ بِأَمْوَالٍ وَبَنِينَ وَيَجْعَلْ لَكُمْ جَنَّاتٍ وَيَجْعَلْ لَكُمْ أَنْهَارًا


"Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun- niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai." (QS Nuh: 10-12)

3. Bersedekah

Allah Ta'ala menggajar langsung orang yang mengeluarkan hartanya di jalan Allah. Orang yang suka bersedekah maka balasannya adalah rezeki berlipatganda dari Allah sebagaimana firman-Nya berikut:

مَّن ذَا ٱلَّذِى يُقْرِضُ ٱللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَٰعِفَهُۥ لَهُۥٓ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَٱللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۜطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ


"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan." (QS Al Baqarah: 245)

4. Bersyukur

Di antara amalan ringan pembuka pintu rezeki adalah dengan bersyukur. Bersyukur kebalaikan dari kufur nikmat. Orang yang banyak bersyukur, merenungi karunia Allah, mengakuinya dan menyikapinya dengan beramal saleh dan ridho atas pemberian Allah, maka Allah akan menambah rezekinya.

Allah Ta'ala berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ


"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (QS Ibrahim: 7)

Baca juga: Arti dan Manfaat Ucapan Masya Allah Tabarakallah

Wallahu A'lam
(wid)
preload video