alexametrics

Menjadi Seperti Ibrahim bin Adham di Zaman Now

loading...
Menjadi Seperti Ibrahim bin Adham di Zaman Now
Ustaz Muchlis Al-Mughni, dai lulusan Al-Azhar Mesir. Foto/Dok SINDOnews
Ustaz Muchlis Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir

Al-kisah, ketika Ibrahim bin Adham sedang duduk bersama teman-temannya lalu lewatlah di hadapan mereka seorang temannya yang lain sambil melihat mereka tanpa mengucapkan salam.

Beberapa temannya berkata, "Tidakkah kau lihat wahai Ibrahim, bagaimana bisa dia lewat dan melihat kita tanpa mengucapkan salam kepada kita?" Ibrahim menjawab, "Boleh jadi dia sedang dalam kesulitan besar".



Ibrahim pun mengejar temannya itu lalu bertanya, "Kenapa kamu hanya lewat tanpa mengucapkan salam kepada kami?" Temannya menjawab, "Istriku baru saja melahirkan sementara aku tidak punya-apa untuk bisa memenuhi kebutuhan ini." Diapun pergi.

Ibrahim berkata kepada teman-temannya, "Demi Allah kita telah menzhaliminya dua kali, pertama kita sudah berburuk sangka kepadanya soal tidak memberi salam kepada kita. Kedua kita membiarkannya dalam kesulitan".

Kemudian Ibrahim pergi meminjam uang 2 Dinar, 1 Dinarnya dibelikannya daging, madu, minyak samin, dan tepung. Diapun bergegas ke rumah temannya, pintu pun diketuk, lalu istri temannya, yang berada di dalam dan masih dalam kondisi sakit pascamelahirkan bertanya, "Siapa di luar?"

Ibrahim menjawab, "Ibrahim bin Adham. Ambillah apa yang ada di pintu semoga Allah mengangkat kesulitanmu." Lalu Ibrahim pun pergi.

Sang istri membuka pintu dan ditemukan ada makanan dan di atasnya ada 1 Dinar, Ibrahim pun mendengar dari kejauhan doa yang mengesankan, "Ya Allah jangan lupakan apa yang dilakukan Ibrahim hari ini sama sekali."

Berapa banyak orang susah saat ini yang menanti makanan dan Rupiah kita. Berapa banyak orang susah yang tidak meminta-minta ketika diberi pemberian seperti Ibrahim senantiasa memanjatkan doa kebaikan.

Tidakkah kalian tahu bahwa doa orang kecil, lemah dan kesusahan itu adalah 'doa keluarga Allah'. Jadilah seperti Ibrahim di zaman sekarang. Ada ribuan bahkan jutaan orang yang sedang kesusahan menanti uluran tangan kita.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam (SAW) mengingatkan, "Kalian akan ditolong dan diberikan rizki oleh sebab doa kaum lemah."

Selamat menjalankan ibadah puasa di bulan penuh berkah Ramadhan. Semoga Allah mencurahkan berkah-Nya untuk kita semua.
(rhs)
cover top ayah
اَلۡمُنٰفِقُوۡنَ وَالۡمُنٰفِقٰتُ بَعۡضُهُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍ‌ۘ يَاۡمُرُوۡنَ بِالۡمُنۡكَرِ وَيَنۡهَوۡنَ عَنِ الۡمَعۡرُوۡفِ وَيَقۡبِضُوۡنَ اَيۡدِيَهُمۡ‌ؕ نَسُوا اللّٰهَ فَنَسِيَهُمۡ‌ؕ اِنَّ الۡمُنٰفِقِيۡنَ هُمُ الۡفٰسِقُوۡنَ
Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, satu dengan yang lain adalah sama, mereka menyuruh berbuat mungkar dan mencegah perbuatan yang makruf dan mereka juga kikir. Mereka telah melupakan Allah, maka Allah melupakan mereka.  Sesungguhnya orang-orang munafik itulah orang-orang yang fasik.

(QS. At-Taubah:67)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak