Waspada, 7 Sifat Setan Ini Paling Banyak Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari

Senin, 30 Mei 2022 - 15:09 WIB
loading...
Waspada, 7 Sifat Setan Ini Paling Banyak Ditiru dalam Kehidupan Sehari-hari
Disadari atau tidak, sebagai manusia kita sering meniru sifat-sifat setan dalam kehidupan sehari-hari, padahal sifat setan ini sangat menjerumuskan dan mengundang murka Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
A A A
Disadari atau tidak, ada sifat-sifat setan yang sering ditiru manusia dalam kesehariannya. Sifat-sifat setan ini, membuat manusia terjerumus dan akan mendapat murka Allah Subhanahu wa ta'ala. Sifat-sifat setan seperti apa itu?

Setan selalu kegirangan bila manusia terhasut oleh bisikan dan menjadi pengikutnya. Tentu sebagai muslim, kita harus selalu memohon perlindungan Allah Ta'ala dari godaan setan tersebut. Namun, tanpa kita sadari, sadar atau tidak, ternyata dalam keseharian, banyak hal yang justru kita meniru sifat-sifat setan tersebut.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 7 sifat setan yang malah paling banyak ditiru manusia, yakni:

1. Sifat ‘Ujub

Sifat ini merupakan sifat senang membanggakan diri sendiri sehingga membuat kita merasa paling hebat dalam segala hal. Sifat ‘Ujub termasuk dalam kategori dosa besar, karena dalam hati akan tertanam suatu sifat yang dapat menghilangkan kekuasaan Allah.



Allah berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-A’raf ayat 99 :

اَفَاَمِنُوۡا مَكۡرَ اللّٰهِ‌ ۚ فَلَا يَاۡمَنُ مَكۡرَ اللّٰهِ اِلَّا الۡقَوۡمُ الۡخٰسِرُوۡنَ


“Maka Apakah mereka merasa aman dari azab Allah (yang tidak terduga-duga)? Tiada yang merasa aman dan azab Allah kecuali orang-orang yang merugi”. (QS Al A'raf : 99)

Sikap ini tercermin pada rasa tinggi diri dalam bidang keilmuan, amal perbuatan ataupun kesempurnaan moral sehingga orang yang memiliki sifat ujub merasa terhindar dari siksa neraka.

2. Sifat takabbur

Sifat ini harus dijauhi. Takabbur adalah sifat dan perbuatan yang merasa dirinya lebih segalanya dan menilai orang lain lebih rendah. Setan memiliki sifat ini karena menganggap dirinya lebih baik dari pada Nabi Adam alaihissalam.

Allah Ta'ala berfirman:

“Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman; Apakah yang menghalangi engkau (sehingga) kamu tidak bersujud (kepada Adam) ketika Aku menyuruhmu?” (iblis) menjawab ”Aku lebih baik daripada dia. Engkau ciptakan aku daripada api dan sedangkan dia Engkau ciptakan daripada tanah“. (QS. Al-A’raf:12)

Sebagai mukmin, kita perlu mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai cara agar dijauhkan dari sifat takkabur ini. Seperti menumbuhkan rasa saling menghormati antar sesama dan selalu bersyukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

3.Sifat sombong

Jauh sebelum Nabi Adam alaihissalam diciptakan, iblis merupakan makhluk yang taat. Iblis merasa dirinya jauh lebih mulia dari Nabi Adam, sehingga merasa tak pantas untuk bersujud kepadanya. Karena hal itu Iblis dikeluarkan dari surga.

Allah Ta'ala berfirman:

“Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah (sujud penghormatan dan pemuliaan) kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis. Namun ia enggan dan sombong Dia termasuk golongan orang-orang yang kafir”. (QS. Al Baqarah: 34).

4. Sifat menggoda (Al-Waswasah)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1198 seconds (0.1#10.140)