Kumpulan Artikel: Sifat Tercela

  • 6 Sifat yang Harus Dijauhi Kaum Muslimah hingga Tidak Boleh Dipersunting
    Muslimah
    Kamis, 29 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Imam Al-Ghazali mengingatkan dalam nasihatnya bahwa ada sifat-sifat perempuan yang harus diwaspadai agar tidak dipilih untuk dipersunting menjadi seorang istri bagi laki-laki yang beriman. Sifat-sifat apakah itu?
  • Ngerinya Orang Munafik, Kenali Tanda-tandanya!
    Hikmah
    Kamis, 15 Februari 2024 - 05:15 WIB
    Dalam Islam, munafik adalah sifat tercela yang sangat dibenci. Bahkan Allah Subhanahu wa taala dan Rasulullah SAW memerintahkan umat Muslim agar menjauhi sifat tersebut.
  • Menghina dengan Sebutan Nama Binatang, Termasuk Dosa Besar yang Ancamannya Mengerikan
    Tausyiah
    Selasa, 23 Januari 2024 - 10:54 WIB
    Penggunaan media sosial saat ini, sudah banyak disalahgunakan. Orang-orang dengan bebas mengeluarkan uneg-unegnya, bahkan bebas mencaci, mengumpat atau menghina sesamanya dengan bahasa binatang sekalipun!
  • Hati-hati Orang yang Pelit, Beginilah Nasibnya Kelak!
    Hikmah
    Sabtu, 20 Januari 2024 - 07:13 WIB
    Sifat kikir atau pelit, merupakan sifat tercela dalam Islam. Bahkan syariat melarang perbuatan tersebut, karena ancaman dan dosanya tidak main-main di akhirat kelak.
  • Mengapa Merasa Bernasib Sial Sangat Dilarang dalam Islam?  Begini Penjelasannya
    Hikmah
    Jum'at, 24 November 2023 - 11:30 WIB
    Dalam Islam tidak mengenal nasib buruk atau nasib sial, bahkan merasa diri bernasib sial bisa masuk katagori syirik. Di dalam islam hal itu dinamakan at thatayyur
  • Cara Menjauh dari Dusta dan Sifat Munafik Menurut Ulama Kalangan Tabiin
    Hikmah
    Senin, 13 November 2023 - 11:10 WIB
    Ahli Fiqih dan hadis dari kalangan tabiin, Imam Ibrahim at-Taimi memberikan kiat dan cara menjauh dari sikap tercela yakni suka dusta dan sifat orang-orang munafik.
  • Hati-hati, Inilah Balasan bagi yang Suka Berbohong
    Hikmah
    Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:54 WIB
    Rasulullah SAW selalu mendesak para umatnya agar selalu melakukan perbuatan baik selama di dunia, karena setiap perbuatan kita di dunia akan dimintai pertangung jawaban di akhirat kelak. Termasuk didalamnya agar selalu berkata jujur dan tidak berbohong
  • Penyimpangan-penyimpangan Ibadah yang Sering Dianggap Sepele
    Muslimah
    Kamis, 21 September 2023 - 10:06 WIB
    Saat ini, banyak penyimpangan ibadah yang tersamar atau tidak nampak, bahkan banyak yang tidak disadari oleh pelakunya termasuk kalangan wanita. Penyimpangan tersebut umumnya dalam masalah keimanan dan akhlak .
  • Senang Mengoleksi Busana? Hati-hati Terjebak Sikap Israf
    Muslimah
    Senin, 21 Agustus 2023 - 17:40 WIB
    Salah satu kegemaran kaum muslimah adalah berbusana yang cantik dan indah. Saking senangnya, seringkali kaum wanita ini terjebak dalam sikap israf atau berlebih-lebihan bahkan cenderung boros.
  • 7 Tipe Wanita yang Tertipu Fitnah Dajjal
    Muslimah
    Selasa, 11 Juli 2023 - 08:31 WIB
    Disepakati ulama juga bahwa kemunculan dajjal pada hari kiamat adalah salah satu puncak kemunculan fitnah paling besar dalam kehidupan sejarah manusia . Mayoritas manusia di saat kemunculan dajjal adalah tertipu oleh makhluk yang mengaku tuhan itu.
  • Berinfak tapi Tercela, Begini Penjelasan Syaikh Al-Qardhawi
    Tausyiah
    Minggu, 09 Juli 2023 - 05:40 WIB
    Umat Islam wajib menjaga dan memerhatikan prinsip-prinsip dasar dalam berinfak. Dia menyebut 4 prinsip dasar tersebut. Salah satunya, keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.
  • Inilah Wanita-wanita yang akan Terusir dari Surga
    Muslimah
    Jum'at, 02 Juni 2023 - 13:03 WIB
    Sungguh mengerikan, ternyata ada 10 golongan wanita yang kelak di akhirat akan terusir dari surga. Kenapa dan siapa saja mereka, serta apa yang diperbuatnya?
  • Pelit, Sifat Zalim yang Bisa Membinasakan Pelakunya
    Hikmah
    Rabu, 26 April 2023 - 08:01 WIB
    Sifat pelit atau kikir (bakhil) ternyata menimbulkan bahaya besar bagi pelakunya. Sifat tercela ini sangat dibenci Allah SWT dan Rasul-Nya
  • Pengertian Tahawwur, Sifat Tercela yang Harus Dihindari
    Tausyiah
    Jum'at, 17 Maret 2023 - 23:11 WIB
    Pengertian Tahawwur, sifat tercela yang harus dihindari kaum muslim karena dampaknya yang merusak. Tahawwur termasuk penyakit hati yang sering tidak disadari manusia.
  • Inilah Sosok Makhluk yang Lebih Hina dari Iblis dan Firaun
    Hikmah
    Kamis, 24 November 2022 - 13:54 WIB
    Sebuah kisah menarik termahtub dalam kitab an-Nawadir karya Syekh Syihabuddin Ahmad bin Salamah Al Mishri Al Qalyubi asy-Syafii. Kisah ini menceritakan pertemuan iblis dan Firaun
  • 3 Bahaya Besar dari Sifat Pelit, Nomor 1 Bisa Berbuat Dzalim
    Tips
    Jum'at, 14 Oktober 2022 - 19:20 WIB
    Sifat pelit atau kikir ternyata menimbulkan bahaya besar bagi pelakuknya. Sebagai sifat tercela yang dibenci Allah dan Rasul-Nya, sifat ini bisa mendorong pelakunya untuk selalu menumpuk harta.
  • Karena 6 Sifat Tercela Ini, Golongan Wanita yang Tidak Dianjurkan Dipersunting
    Muslimah
    Selasa, 13 September 2022 - 12:12 WIB
    Ada sifat-sifat tercela wanita yang justru dapat merusak derajat dan kemuliaannya sendiri, padahal Islam sangat memuliakan kaum wanita ini. Imam Al-Ghazali bahkan mengingatkan kaum wanita menjauhi 6 sifat tersebut
  • Sikap Nusyuz, Penyebab Terbanyak Kaum Wanita Menjadi Penghuni Neraka
    Muslimah
    Minggu, 28 Agustus 2022 - 05:15 WIB
    Terkadang dalam kehidupan rumah tangga, seorang laki-laki atau suami diuji dengan kedurhakaan istri yang di dalam istilah agama disebut dengan nusyuz.
  • Inilah Cara Terbaik Menghilangkan Perasaan Dendam di Hati
    Tausyiah
    Sabtu, 16 Juli 2022 - 15:46 WIB
    Mengalami perasaan sakit hati, ada yang hilang dalam sekejap, ada yang biasa saja menanggapinya dan ada pula yang terlalu dalam membekas di hatinya, sehingga menumbuhkan rasa dendam sepanjang hayat.
  • Inilah 5 Penyimpangan Ibadah yang Sering Dilakukan Kaum Wanita
    Muslimah
    Jum'at, 15 Juli 2022 - 10:26 WIB
    Banyak penyimpangan-penyimpangan dalam masalah keimanan dan ibadah yang sadar atau tidak sadar banyak dilakukan oleh sebagian kaum wanita saat ini