Dahsyatnya Harta Qarun, Kunci Gudang Hartanya Harus Dipikul Puluhan Orang

Kamis, 02 Juni 2022 - 05:15 WIB
loading...
Dahsyatnya Harta Qarun, Kunci Gudang Hartanya Harus Dipikul Puluhan Orang
Qarun memiliki ribuan gudang berisi emas dan perak. Kunci-kunci gudang hartanya harus dipikul oleh puluhan orang terkuat. Foto ilustrasi/dok islamislogic
A A A
Harta karun memang diidentikkan dengan Qarun (قَارُوۡنَ), seorang saudagar kaya raya pada zaman Nabi Musa 'alaihissalam. Harta kekayaannya sangat fantastis, sayangnya dia lupa dan hurhaka kepada Allah.

Berapa banyak harta kekayaan Qarun ? Pertanyaan ini mungkin tak bisa kita jawab secara detail saking melimpahnya jumlah hartanya. Al-Qur'an menggambarkan perbendaharaan hartanya sebagaimana firman Allah berikut:

اِنَّ قَارُوۡنَ كَانَ مِنۡ قَوۡمِ مُوۡسٰى فَبَغٰى عَلَيۡهِمۡ‌ۖ وَاٰتَيۡنٰهُ مِنَ الۡكُنُوۡزِ مَاۤ اِنَّ مَفَاتِحَهٗ لَـتَـنُوۡٓاُ بِالۡعُصۡبَةِ اُولِى الۡقُوَّةِ اِذۡ قَالَ لَهٗ قَوۡمُهٗ لَا تَفۡرَحۡ‌ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ الۡفَرِحِيۡنَ

Artinya: "Sesungguhnya Qarun termasuk kaum Musa, tetapi dia berlaku zalim terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. (Ingatlah) ketika kaumnya berkata kepadanya, "Janganlah engkau terlalu bangga. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang membanggakan diri." (QS Al-Qashas Ayat 76)

Memiliki Ribuan Gudang Berisi Emas dan Perak
Orang terkaya di zaman ini mungkin punya banyak rumah mewah, gedung-gedung mewah atau simpanan di bank, namun Qarun bisa jadi melebihi itu. Boleh dibilang dia adalah Miliuner super kaya.

Dalam tafsiralqur'an dijelaskan, Qarun memiliki ribuan gudang harta penuh berisikan emas dan perak. Jika dikonversi, satu gudang penuh berisi emas dan perak nilainya bisa mencapai miliaran, bahkan triliunan.

Bagaimana dengan ribuan gudang penuh berisi emas dan perak? Sungguh tak bisa dibayangkan betapa melimpahnya harta Qarun.

Kunci Gudang Qarun Dipikul Puluhan Orang
Dahsyatnya Harta Qarun, Kunci Gudang Hartanya Harus Dipikul Puluhan Orang

Dalam Al-Qur'an, Allah mengabarkan kunci gudang tempat penyimpanan hartanya sangat banyak sehingga terasa berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat.

Dalam riwayat Khaitsamah disebutkan, untuk memikul kunci gudang kekayaan Qarun dibutuhkan 60 bighal (sejenis kuda kecil). Ukuran kuncinya sebesar jari. Bahannya terbuat dari kulit. Dan setiap kunci digunakan untuk satu gudang. (Lihat: Tafsir Ath-Thabari, Jilid 19)

Ibnu 'Abbas mengatakan, kunci-kunci perbendaharaan harta Qarun dibawa oleh 40 laki-laki yang kuat. Mujahid mengatakan, kira-kira diangkat antara 15-20 orang. Qatadah mengatakan 40 orang, dan Al-Kalbi mengatakan 12 orang. Bahkan ada kalangan ulama yang berpendapat jumlahnya sampai 70 orang.

Menurut Al-A'masy, kunci-kunci harta pembendaharaan Qarun terbuat darikulit. Setiap satu kunci seperti satu buah jari dan setiap kunci berada di sebuah kotak penyimpannya.

Keluar Rumah Didampingi 600 Pelayan
Para ulama tafsir juga menjelaskan, Qarun apabila keluar dari rumahnya selalu berpakaian mewah didampingi 600 orang pelayan, terdiri atas 300 laki-laki dan 300 lagi pelayan perempuan.

Tak hanya itu, ia juga dikelilingi oleh 4.000 pengawal dan diiringi 4.000 kendaraan berkuda, plus 60 ekor unta yang membawa kunci-kunci gudang kekayaannya. Qarun benar-benar pamer harta dan terlalu membanggakan kekayaannya.

Hartanya Ditenggelamkan ke Dalam Perut Bumi
Dahsyatnya Harta Qarun, Kunci Gudang Hartanya Harus Dipikul Puluhan Orang

Jauh sebelum kekayaan Qarun melimpah ruah, sebenarnya ia hanyalah seorang lelaki miskin yang tidak mampu menafkahi keluarganya. Lalu Qarun meminta Nabi Musa untuk mendoakannya agar Allah memberikan harta benda yang banyak.

Nabi Musa menyetujuinya tanpa ragu karena dia tahu bahwa Qarun adalah seorang yang sangat saleh dan pengikut ajaran Ibrahim yang sangat baik. Allah pun mengabulkan doa Nabi Musa. Alhasil, Qarun kemudian memiliki ribuan gudang harta yang penuh berisikan emas dan perak.

Namun lambat laun ia lupa dan mengkhianati Nabi Musa. Ia mengingkari nikmat yang dianugerahkan Allah padanya. Menurutnya, semua harta adalah buah dari kerja kerasnya, bukan anugerah Allah.

Akibat kesombongannya, Qarun kemudian diazab oleh Allah dengan cara ditenggelamkan ke dalam perut bumi beserta seluruh harta yang selama ini dibanggakannya.

Al-Qur'an menyejajarkan pengkhianatan Qarun ini dengan Fira'un, Ramses II. Inilah peringatan Allah kepada seluruh manusia, bahwa bumi tidak diperuntukkan bagi orang-orang yang dipenuhi kesombongan dan keangkuhan.

Allahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1524 seconds (0.1#10.140)