Hindun binti 'Utbah : Sosok Muslimah Pemberani, Cerdas dan Konsisten pada Janji

Rabu, 06 Juli 2022 - 10:15 WIB
loading...
A A A
Meski Hindun merupakan wanita yang cerdas dan dapat melengkapi kekurangan calon suami pertamanya, ia tetap tidak menerima lamaran pria tersebut. Menurutnya, suami yang kurang cerdas hanya akan membinasakan istrinya karena akan hidup dibawah kekuasaan istrinya. Pada akhirnya Hindun memilih Abu Sufyan. Kisah kedua ialah perjuangannya di medan perang.

Hindun merupakan seorang perempuan yang berani yang ikut terjun di medan peperangan. Ia berperan menjadi penabuh gendang untuk menyemangati dan menghadang tentara yang ingin mundur dari medan perang. Jika sebelum keislamannya ia menyemangati kaum kafir Quraisy untuk memerangi islam, setelah masuk Islam ia menyemangati kaum muslim.

Perang yang terkenal lainnya ialah perang Yarmuk dimana kaum Muslimin berperang melawan pasukan Romawi yang jumlahnya sangat banyak. Pada perang ini terdapat beberapa orang yang ingin melarikan diri, namun Hindun dan para kaum muslimah menghadang mereka dan memberi kecaman keras kepada siapa saja yang hendak kabur.

Tak terkecuali kepada Abu Sufyan, suaminya sendiri yang hendak mundur dari peperangan. “Engkau mau ke mana, wahai putra Shakhr? Ayo, kembali lagi ke medan perang! Berjuanglah habis-habisan agar engkau dapat membalas kesalahan masa lalumu, saat engkau menggalang kekuatan untuk menghancurkan Rasulullah.” Abu sufyan dan kaum muslim lainnya pun kembali ke medan perang dan ikut berjuang hingga akhirnya kaum muslimin berhasil memenangkan perang tersebut.

Hikmah terpenting dari perjalanan hidup Hindun binti 'Utbah ini, yakni sebesar apapun dosa yang kita miliki jangan pernah takut untuk bertaubat , karena sesungguhnya Allah maha penerima taubat. Hindun sekalipun yang terkenal akan semangatnya memusuhi Rasulullah pada akhirnya berbalik dan membela kaum muslimin sekuat tenaga. Penyesalannya ia buktikan dengan mencurahkan seluruh tenaganya dan berjihad di jalan Allah, bahkan ia juga meriwayatkan beberapa hadis dari Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam.



Wallahu A'lam
(wid)
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3412 seconds (0.1#10.140)