Sunnah yang Terlupakan! Berbaring Sejenak Usai Sholat Qabliyah Subuh

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 15:53 WIB
loading...
Sunnah yang Terlupakan! Berbaring Sejenak Usai Sholat Qabliyah Subuh
Nabi shollallohu alaihi wasallam apabila selesai sholat sunnah qabliyah Subuh, Beliau berbaring sejenak di atas sisi tubuhnya yang kanan. Foto ilustrasi/dok santripedia
A A A
Sunnah Nabi yang satu ini mungkin sering dilupakan kaum muslimin. Dalam satu Hadis sahih, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya berbaring sejenak usai sholat sunnah qabliyah Subuh.

Biasanya usai sholat qabliyah Subuh umat muslim mengisinya dengan berzikir atau berdoa menunggu iqamah sholat Shubuh dikumandangkan. Ternyata, ada amalan yang sangat dianjurkan Nabi yaitu berbaring sejenak atau tidur miring ke kanan.

عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا ، قَالَتْ : كَانَ النَّبِيُّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – إِذَا صَلَّى رَكْعَتَي الفَجْرِ ، اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الأَيْمَن . رَوَاهُ البُخَارِي

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha berkata: "Apabila Nabi shollallohu 'alaihi wasallam telah sholat dua rakaat (sebelum) Shubuh, beliau berbaring di atas sisi tubuhnya yang kanan." (HR Al-Bukhari 1160)

Dikisahkan, Syaikh Nazim seumur hidupnya tidak pernah melupakan sunnah berbaring ini. Amalan beliau ini pun diikuti murid-murid beliau di dalam tarekat Naqshbandiyyah al-Aliyyah.

Mantan Mufti Besar Mesir Syaikh Ali Jumaah mengatakan, apa yang pernah kita saksikan di Amerika, betapa Syaikh Nazim merupakan orang yang sangat berpegang kepada Sunnah Nabi. Beliau berbaring sebentar sebelum iqomah Subuh sedangkan beliau berada di masjid."

"Orang yang begini mengambil berat kepada sunnah walaupun perkara tersebut sudah 'pupus'. Ketika tidak dilakukan orang lain maka ini dianggap luar biasa. Sunnah tersebut dilakukannya dengan bersungguh-sungguh kerana mengikut jejak langkah Rasulullah SAW dengan penuh kecintaan. Semoga beliau dirahmati Allah.

Amalan ini mungkin sulit dilaksanakan terlebih bagi yang sholat Subuh di masjid atau waktu yang sangat singkat antara Adzan dan iqomah sholat Subuh. Hendaknya pengurus masjid atau musholla melapangkan waktu sejenak sebelum sholat Subuh berjamaah dilaksanakan.

Artinya, jangan terburu-buru mengumandangkan iqomah sholat Subuh agar jamaah dapat melaksanakan sunnah berbaring sejenak setelah qabliyah Subuh tersebut.

Al-Habib Abdurrahman dalam kitabnya Bughyatul Mustarsyidin mengatakan, disunnahkan berbaring ke sebelah kanan setelah melaksanakan sholat sunnah qabliyah Subuh. Apabila tidak bisa melakukannya, hendaknya dia berpindah tempat. Akan tetapi, dimakruhkan berbicara tentang masalah dunia.

Wallahu A'lam

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)