Inilah Amalan yang Lebih Berharga dari Harta Karun

Rabu, 29 Juni 2022 - 23:44 WIB
loading...
Inilah Amalan yang Lebih Berharga dari Harta Karun
Semua kekayaan dunia termasuk harta karun tidak sebanding dengan amalan yang satu ini. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
LEBIH BERHARGA - Banyak orang menginginkan kekayaan atau memperoleh harta karun paling berharga. Bahkan tak sedikit yang tergila-gila dengan pundi-pundi emas berlian, uang berlimpah dan kemewahan dunia.

Semua kekayaan dunia dan kemewahannya ternyata tak sebanding dengan amalan satu ini. Inilah amalan yang lebih berharga dari harta karun, bahkan lebih baik dari dunia dan seisinya.

Siapa yang mengerjakannya, maka ia akan mendapat kenikmatan dan memperoleh dunia dan seisinya. Saking dahsyatnya keutamaanya, Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم tak pernah meninggalkannya baik dalam keadaan mukim maupun saat safar (perjalanan).

Amalan apakah itu? Dari Sayyidah Aisyah radhiyallahu 'anha, Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

رَكْعَتَا الْفَجْرِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya: "Dua raka'at sebelum Subuh lebih baik daripada dunia dan seisinya." (HR Muslim)

Sayyidah Aisyah juga berkata:

لَمْ يَكُنِ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم عَلَى شَىْءٍ مِنَ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَىِ الْفَجْرِ

Artinya: "Tidak ada sholat sunnah yang lebih Nabi ﷺ tekuni daripada dua rakaat Fajar." (HR Al-Bukhari 1163)

Rasulullah juga bersabda yang artinya: "Dua rakaat sholat sunnah sebelum Subuh lebih aku sukai daripada seluruh nikmat dunia."

Dalam riwayat lain, Nabi bersabda: "Barangsiapa yang sholat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam." (HR Muslim)

Hikmah dari Hadis ini adalah orang yang mendirikan sholat fardhu Subuh biasanya tidak akan meninggalkan sholat qabliyah Subuh, sehingga ia mendapat keutamaan lebih baik dari dunia dan seisinya.

Dua rakaat sebelum Subuh ini dikenal dengan istilah Qabliyah Subuh. Sholat ini juga disebut dengan sholat sunnah Fajar yang dilaksanakan ketika Fajar terbit ditandai dengan Adzan Subuh.

Amalan ini dinilai lebih berharga daripada semua nikmat dunia, karena nikmat ibadah pahalanya kekal di surga, sedangkan nikmat dunia akan musnah. Semoga Allah memberi kita kemudahan sehingga bisa istiqamah mengamalkannya.

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)