Keutamaan Surat Maryam untuk Ibu Hamil

loading...
Keutamaan Surat Maryam untuk Ibu Hamil
Banyak keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil, salah satunya sebagai bentuk keimanan dan ketakwaan kepada Allah Taala. Foto ilustrasi/ist
Keutamaan Surat Maryam untuk ibu hamil penting untuk diketahui para muslimah yang akan menjadi calon ibu. Pasalnya banyak sekali fadhilah bacaan surat Al-Qur'an ini yang akan dirasakan selama masa kehamilan.

Salah satu keutamaan Surat Maryam ini, yakni menjelaskan bagaimana detik-detik kelahiran seorang anak yang dikandung ibunya ketika usia kehamilan sudah waktunya melahirkan. Yakni ketika Al-Qur'an menceritakan kehamilan dan kelahiran Nabi Isa alaihissalam.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

فَحَمَلَـتْهُ فَا نْتَبَذَتْ بِهٖ مَكَا نًا قَصِيًّا


"Maka dia (Maryam) mengandung, lalu dia mengasingkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh." (QS. Maryam : 22)

Baca juga: Amalan Ibu Hamil dan Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh

Dilanjutkan ayat berikutnya :

فَاَ جَآءَهَا الْمَخَا ضُ اِلٰى جِذْعِ النَّخْلَةِ ۚ قَا لَتْ يٰلَيْتَنِيْ مِتُّ قَبْلَ هٰذَا وَكُنْتُ نَسْيًا مَّنْسِيًّا


"Kemudian rasa sakit akan melahirkan memaksanya (bersandar) pada pangkal pohon kurma, dia (Maryam) berkata, "Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan."" (QS. Maryam : 23)

Surat Maryam sendiri adalah surat ke-19 dalam Al-Quran, yang terdiri atas 98 ayat dan termasuk golongan surat Makkiyah. Dinamai surat Maryam karena tersurat kisah Maryam yang merupakan ibu dari nabi Isa yang dapat melahirkan putranya tanpa pernah berhubungan badan dengan seorang laki-laki. Perjuangan Maryam dalam menjalani masa kehamilan tanpa bantuan seorangpun, cacian masyarakat sekitarnya setelah kelahiran putranya dan keteguhan imannya memberikan banyak pelajaran yang luar biasa.

Sedangkan fadhilah surat Maryam bagi ibu hamil, di antaranya:

1. Memberikan ketenangan.

Dengan memahami kisah tentang Maryam yang harus menghadapi kehamilan seorang diri dengan izin Allah, maka akan terbangun rasa percaya diri saat harus menghadapi momen kehamilan yang tidak selalu berjalan lancar. Rasa percaya diri itulah yang akan menumbuhkan ketenangan menghadapi masa kehamilan.

2. Dimudahkan saat persalinan.

Dalam surat Maryam diceritakan bahwa sebelum pertolongan Allah didapatkan oleh Maryam, dirinya sempat putus asa sebab rasa sakit selama persalinan. Selain ketenangan, manfaat membaca surat Maryam untuk ibu hamil adalah bisa diijabah doa–doanya untuk melahirkan dengan lebih mudah.

3. Anak yang dilahirkan menjadi anak yang berbakti.

Dalam surat Maryam ayat 14 terdapat suatu doa bagi ibu hamil kelak anak ynag dilahirkan dapat menjadi anak yang berbakti kepada orangtuanya.

Baca juga: 3 Tingkatan Pertarungan Hawa Nafsu Manusia, Nomor Terakhir Terjaga dari Kemaksiatan

Keutamaan Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Selain memiliki beberapa fadhilah atau manfaat, surat Maryam juga memiliki beberapa keutamaan jika rutin dibaca dan diamalkan oleh ibu hamil. Keutamaan tersebut yaitu sebagai berikut.
halaman ke-1
preload video