Keutamaan Surat Maryam untuk Ibu Hamil

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 14:21 WIB
loading...
A A A
1. Tentang keimanan

Surat Maryam berisi tentang kekuasaan Allah berbuat sesuatu menurut kehendak-Nya walaupun tidak sesuai dengan hukum alam. Seperti kisah Maryam yang dapat hamil dan melahirkan meski sebelumnya ia tidak pernah berhubungan badan dengan laki-laki manapun.

Hal ini menjadi sebuah teladan keimanan dan doa sebagai salah satu dari keutamaan surat Maryam untuk ibu hamil agar ibu hamil serta anak yang dikandungnya memiliki rasa keimanan dengan membaca dan meneladani kisah kisah di dalamnya.

2. Bentuk ikhtiar

Agar terhindar dari segala mara bahaya dianjurkan untuk membaca surat Maryam sehingga mendapat keberkahan dalam masa kehamilan sampai si anak lahir. Maka membaca surat Maryam dapat merupakan bentuk ikhtiar seorang ibu menanti kelahiran sang buah hati.

Dalam surat Maryam ayat 4-5 Allah berfirman:

Qaala rabbi innii wahanal-'azmu minnii wasyta'alar-ra'su syaibaw wa lam akum bidu'aa'ika rabbi syaqiyyaa

Artinya:

"Ia berkata "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah ditumbuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku."

Wa innii khiftul-mawaaliya miw waraa'ii wa kaanatimra'atii 'aaqiran fa hab lii mil ladungka waliyyaa

Artinya:

"Dan sesungguhnya aku khawatir terhadap mawaliku sepeninggalku, sedang isteriku adalah seorang yang mandul, maka anugerahilah aku dari sisi Engkau seorang putera."

3. Wujud kasih sayang Allah Ta'ala

Kehamilan adalah salah satu wujud kasih sayang Allah baik untuk ibu hamil maupun keluarganya, sebab seorang anak adalah rezeki yang barangkali tidak semua wanita diberi kepercayaan untuk menerima anugrah tersebut.

4. Doa agar anak menjadi sholeh atau salihah.

Dalam surat Maryam ayat 13, Allah berfirman:

Wa hanaanam mil ladunnaa wa zakaah, wa kaana taqiyyaa

Artinya:

"Dan rasa belas kasihan yang mendalam dari sisi Kami dan kesucian (dan dosa). Dan ia adalah seorang yang bertakwa."

Dalam ayat tersebut merupakan salah satu doa agar anak yang dikandung kelak memiliki rasa kasih sayang terhadap sesama dan menjadi orang yang bertaqwa.
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)