Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh dan Salihah

loading...
Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh dan Salihah
Bagi orang tua yang mendambakan anak saleh dan salihah dianjurkan mengamalkan Doa Nabi Zakaria yang terdapat dalam Al-Quran. Foto/Ist
Kita pasti tak asing dengan Hadis yang satu ini. "Ad-Du'aa silaahul mu'min wa 'imaaduddiin wa nuuris samaawaati wal ardhi." (HR Al-Hakim)

Artinya, doa merupakan senjata kaum mukmin dan pilar agama serta cahaya langit bumi. Begitulah dahsyatnya kekuatan doa apalagi keluar dari lisan orang tua.

Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata bahwa Nabi Muhammad shollallohu 'alaihi wasallam bersabda yang artinya: "Tiga doa yang dikabulkan, tidak diragukan lagi pengabulannya: doanya orang tua (untuk anaknya), doanya seorang musafir dan doa orang yang terzalimi." (HR Abu Daud)

Bagi orang tua yang mendambakan anak saleh dan salihah, berikut doa yang dapat kita amalkan. Doa ini bersumber dari Al-Qur'an.

هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّهٗ‌ ‌ۚ قَالَ رَبِّ هَبۡ لِىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً‌ ‌ ۚ اِنَّكَ سَمِيۡعُ الدُّعَآءِ

Atinya: "Di sanalah Nabi Zakariya berdoa kepada Tuhannya. Dia berkata: "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa." (QS. Ali 'Imran Ayat 38)

رَبِّ هَبۡ لِىۡ مِنۡ لَّدُنۡكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً‌ ‌ ۚ اِنَّكَ سَمِيۡعُ الدُّعَآءِ

Rabbi hablii milladunka Dzurriyyatan Thoyyibatan innaka Samii'ud Du'aaa'.
Artinya: "Ya Tuhanku, berilah aku keturunan yang baik dari sisi-Mu, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar doa."

Ketika Nabi Zakaria melihat kemuliaan dan martabat yang begitu tinggi pada Maryam di hadapan Allah, timbullah keinginannya untuk mempunyai seorang anak serupa dengan Maryam dalam kecerdasan dan kemuliaannya di sisi Allah.

Walaupun Nabi Zakaria mengetahui bahwa istrinya adalah seorang perempuan yang mandul dan sudah tua, namun beliau tetap mengharapkan anugerah dari Allah. Di dalam mihrab tempat Maryam beribadah, Nabi Zakaria memanjatkan doa kepada Allah, semoga Dia berkenan menganugerahkan kepadanya seorang keturunan yang saleh, dan taat kepada Allah.

Doa yang timbul dari lubuk hati yang tulus dan penuh keyakinan bahwa Allah Maha Mendengar dan memperkenankan segala doa, maka doanya pun dikabulkan Allah Ta'ala.

Selain Doa di atas, kita juga dapat mengamalkan doa Nabi Ibrahim 'alaihissalam berikut.

رَبِّ هَبۡ لِىۡ مِنَ الصّٰلِحِيۡنَ

Robbi hablii minash shoolihiin
Artinya: "Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang yang saleh." (QS. As-Shaffat Ayat 100)

Baca Juga: 10 Doa Agar Dikaruniai Anak Saleh dan Pintar
(rhs)
preload video