Surat Yusuf Ayat 64: Kekhawatiran Nabi Yakub Melepas Bunyamin ke Mesir

loading...
Surat Yusuf Ayat 64: Kekhawatiran Nabi Yakub Melepas Bunyamin ke Mesir
Nabi Yakub terkejut ketika mendengar permintaan anak-anaknya untuk membawa Bunyamin ke Mesir. Foto ilustrasi/tangkapan layar Film Nabi Yusuf
Ustaz Mukhlis Mukti Al-Mughni
Dai Lulusan Al-Azhar Mesir,
Yayasan Pustaka Afaf

Betapa terkejutnya Nabi Yakub 'alaihissalam mendengar permintaan anak-anaknya untuk membawa Bunyamin ke Mesir. Nabi Yakub khawatir Bunyamin tak dapat dijaga oleh saudara-saudaranya.

Nabi Yakub pun teringat dengan Yusuf yang hilang karena ulah anak-anaknya. Beliau pun hanya bisa pasrah menyerahkan urusan tersebut kepada Allah.

Berikut lanjutan kisahnya dalam Surat Yusuf :

قَالَ هَلْ اٰمَنُكُمْ عَلَيْهِ اِلَّا كَمَآ اَمِنْتُكُمْ عَلٰٓى اَخِيْهِ مِنْ قَبْلُۗ فَاللّٰهُ خَيْرٌ حٰفِظًا وَّهُوَ اَرْحَمُ الرّٰحِمِيْنَ


Artinya: "Dia (Yakub) berkata, "Bagaimana aku akan mempercayakannya (Bunyamin) kepadamu, seperti aku telah mempercayakan saudaranya (Yusuf) kepada kamu dahulu?" Maka Allah adalah penjaga yang terbaik dan Dia Maha Penyayang di antara para penyayang." (QS Yusuf Ayat 64)

Pesan dan Hikmah
1. Nabi Yakub yang telah tua dan buta namun masih kuat ingatannya dengan apa yang dulu pernah dilakukan anak-anaknya terhadap Yusuf saudaranya Bunyamin. Kini Bunyamin yang diduganya menjadi target mereka. Hingga wajar saja jika ayahnya berat mengizinkan mereka membawa Bunyamin. Peristiwa hilangnya Yusuf tidak ingin terulang pada Bunyamin, itulah yang dikhawatirkan oleh ayahnya Yakub.

2. Yakin dan sabar, sehebat apapun kita menjaga dan memperhatikan anak-anak kita, pasti ada keterbatasan dan lemahnya. Sebaik apapun kita menyayangi anak-anak kita, Allah lebih Maha menyayanginya. Keyakinan semacam inilah yang harus tertanam dalam hati agar jangan merasa kita yang lebih sayang atau lebih perhatian terhadap anak-anak kita dan lupa memasrahkan penjagaan kepada Allah yang tanpa batas.

Inilah doa Rasulullah SAW saat melepas kepergian orang yang dicintainya dengan kalimat:

أَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ

Astaudi 'ukumullah

Artinya: "Aku titipkan kamu kepada Allah."

(Bersambung)!

Baca Juga: Surat Yusuf Ayat 63: Saudara Nabi Yusuf Bujuk Ayahnya untuk Membawa Bunyamin
Surat Yusuf Ayat 64: Kekhawatiran Nabi Yakub Melepas Bunyamin ke Mesir
(rhs)
preload video