4 Tipe Kepribadian Wanita yang Digambarkan Al-Qur'an, Nomor Terakhir Selalu Ingkar pada Suami

loading...
4 Tipe Kepribadian Wanita yang Digambarkan Al-Quran, Nomor Terakhir Selalu Ingkar pada Suami
Banyak wanita yang dikisahkan Al-Quran ini hidup ribuan tahun lalu, namun karakteristik dan sifatnya tetap abadi sampai sekarang. Foto ilustrasi/ist
Banyak tipe wanita di dunia, bahkan sangat beragam tabiat dan kepribadiannya. Ibarat pakaian, banyak jenis dan coraknya. Tinggal memilih mana yang cocok atau sesuai dengan keinginan, mau yang baik atau yang buruk, semua ada risiko dan tanggung jawab.

Namun sebagai seorang muslimah, Al-Qur'an telah memberi tuntunan kepada orang yang beriman agar tidak salah dalam memiliki kepribadian tersebut, termasuk kepribadian mana yang diinginkan muslimah. Setidaknya ada lima tipe wanita yang disebutkan dalam Al-Qur’an.

Baca juga: Kesetaraan Gender dalam Al-Qur'an, Nasaruddin Umar: Tak Menganut Paham The Second Sex

Tipe apa saja, dan siapa saja contohnya, sudah sangat jelas tercantum dalam firman Allah Ta'ala tersebut. Dikutip dari ceramah Ustadzah Umi Pipik Dian Irawati dalam laman facebook-nya, dicantumkan inilah beberapa tipe kepribadian wanita yang ada dalam Al-Qur'an serta sifat-sifat wanita yang harus dijauhi.

1. Tipe pejuang

Al-Qur'an memberi contoh tipe ini, dari sosok Siti Asiyah binti Mahazim, istri Fir`aun. Meski hidup dalam keadaan terjepit antara suaminya dan iman, namun ia bisa keluar dari lubang jarum lewat perjuangan mempertahankan iman. Ia mampu menjaga akidah dan harga dirinya sebagai seorang muslimah. Asiyah lebih memilih istana di surga daripada istana di dunia yang dijanjikan Fir’aun. AllahTa'ala mengabadikan doa Asiyah dalam firmannya:

وَضَرَبَ ٱللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱمْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ٱبْنِ لِى عِندَكَ بَيْتًا فِى ٱلْجَنَّةِ وَنَجِّنِى مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِۦ وَنَجِّنِى مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ


“Dan Allah menjadikan perempuan Fir’aun teladan bagi orang-orang beriman, dan ia berdo’a : Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisiMu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Fir’aun dan perbuatannya dan selamatkan aku dari kaum yang dzalim.” (QS. At-Tahriim: 11)

2. Tipe wanita saleha yang menjaga kesucian dirinya

Tipe ini diwakili Maryam binti Imran. Hari-harinya ia isi dengan ketaatan kepada Allah. Ia pun sangat konsisten menjaga kesucian dirinya. Firman Allah Ta'ala :

قَالَتْ أَنَّىٰ يَكُونُ لِى غُلَٰمٌ وَلَمْ يَمْسَسْنِى بَشَرٌ وَلَمْ أَكُ بَغِيًّا


“Bagaimana akan ada bagiku seorang anak laki-laki, sedang tidak pernah seorang manusia pun menyentuhku dan aku bukan (pula) seorang pezina!” demikian ungkap Maryam." (QS. Maryam: 20).

Karena keutamaan inilah, Allah mengabadikan namanya sebagai nama salah satu surat dalam Al-Qur’an (QS. Maryam [19]). Maryam pun diamanahi untuk mengasuh dan membesarkan Kekasih Allah, Isa putra Maryam (QS. Maryam [19] : 16-34).

Kita bisa lihat bagaimana Allah SWT memuliakan Maryam. Allah mengangkat Maryam pada kedudukan yang mulia tidak lantaran kecantikannya. Semua itu terjadi karena sikap istiqamah Maryam dalam menjalankan kesalehan dan menjaga kesuciannya.

3. Tipe penghasut, tukang fitnah, dan biang gosip

Tipe atau kepribadian wanita ini diwakili Hindun, istrinya Abu Lahab. Al-Qur’an menjulukinya sebagai “pembawa kayu bakar” alias penyebar fitnah. Dalam istilah sekarang, wanita penyiram bensin. Hindun isi sebagian hidupnya dengan mengalirkan fitnah ke seantero penduduk Kota Makkah. Keculasannya ini diabadikan dalam Surah al-Lahah ayat 1-5.

Firman Allah Ta'ala :

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya ia akan binasa. demikian pula istrinya, pembawa kayu bakar yang di lehernya ada tali dari sabut.” (QS. Al-Lahab: 1-5).

Bersama suaminya, Hindun bahu membahu menentang dakwah Rasulullah Shallallahu alaihi sallam, menyebar fitnah, dan melakukan kezaliman. Isu yang awalnya biasa, menjadi luar biasa ketika diucapkan Hindun.Ia pun dikenang sepanjang masa dalamAal-Qur'an sebagai wanita yang penuh dengan perbuatan nista. Hari-harinya ia habiskan dengan melakukan provokasi untuk mengadu domba, membenci dan memusuhiRasulullah dan para pengikutnya.

4. Tipe penggoda
halaman ke-1
preload video