Kesetaraan Gender dalam Al-Qur'an, Nasaruddin Umar: Tak Menganut Paham The Second Sex

Jum'at, 22 Juli 2022 - 13:35 WIB
loading...
Kesetaraan Gender dalam Al-Quran, Nasaruddin Umar: Tak Menganut Paham The Second Sex
Prof Nasaruddin Umar: Foto/Ilustrasi: Kemenag
A A A
Nasaruddin Umar mengatakan Al-Qur'an memberikan pandangan optimistis terhadap kedudukan dan keberadaan perempuan. Semua ayat yang membicarakan tentang Adam dan pasangannya, sampai keluar ke bumi, selalu menekankan kedua belah pihak dengan menggunakan kata ganti untuk dua orang (dlamir mutsanna).

Kata huma, misalnya, ujar Nasaruddin Umar dalam buku "Jurnal Pemikiran Islam Paramadina", keduanya memanfaatkan fasilitas surga ( QS al-Baqarah/2 :35), mendapat kualitas godaan yang sama dari setan ( QS al-A'raf/7 :20), sama-sama memakan buah khuldi dan keduanya menerima akibat terbuang ke bumi (7:22), sama-sama memohon ampun dan sama-sama diampuni.Tuhan (7:23).



Setelah di bumi, antara satu dengan lainnya saling melengkapi, "mereka adalah pakaian bagimu dan kamu juga adalah pakaian bagi mereka" (QS al-Baqarah/2:187).

Secara ontologis, kata Nasaruddin Umar, masalah-masalah substansial manusia tidak diuraikan panjang lebar di dalam al-Qur'an. Seperti mengenai roh, tidak dijelaskan karena hal itu dianggap "urusan Tuhan" ( QS al-Isr'a'/17 :85).

Menurutnya, yang ditekankan ialah eksistensi manusia sebagai hamba/'abid ( QS al-Dzariyat/51 :56) dan sebagai wakil Tuhan di bumi/khalifah fi al-ardl ( QS al-An'am/6 :165).

Manusia adalah satu-satunya makhluk eksistensialis, karena hanya makhluk ini yang bisa turun naik derajatnya di sisi Tuhan. Sekalipun manusia ciptaan terbaik (ahsan taqwim/ QS al-Thin/95 :4) tetapi tidak mustahil akan turun ke derajat "paling rendah" (asfala safilin/QS al-Tin/95:5), bahkan bisa lebih rendah dari pada binatang (QS al-A'raf/7:179).

Menurut Nasaruddin Umar, ukuran kemuliaan di sisi Tuhan adalah prestasi dan kualitas tanpa membedakan etnik dan jenis kelamin ( QS al-Hujurat/49 :13).

"Al-Qur'an tidak menganut paham the second sex yang memberikan keutamaan kepada jenis kelamin tertentu, atau the first ethnic, yang mengistimewakan suku tertentu," ujarnya.

Pria dan wanita dan suku bangsa manapun mempunyai potensi yang sama untuk menjadi 'abid dan khalifah ( QS al-Nisa'/4 :124 dan QS al-Nahl/16 :97).



Kemandirian Politik
Sosok ideal perempuan muslimah (syakhshiyah al-ma'rah) digambarkan sebagai kaum yang memiliki kemandirian politik/al-istiqlal al-siyasah ( QS al-Mumtahanah/60 :12), seperti sosok Ratu Balqis yang mempunyai kerajaan "superpower"/'arsyun 'azhim ( QS al-Naml/27 :23). Memiliki kemandirian ekonomi/al-istiqlal al-iqtishadi (QS al-Nahl/16:97), seperti pemandangan yang disaksikan Nabi Musa di Madyan, wanita mengelola peternakan ( QS al-Qashash/28 :23).

Kemandirian di dalam menentukan pilihan-pilihan pribadi/al-istiqlal al-syakhshi yang diyakini kebenarannya, sekalipun harus berhadapan dengan suami bagi wanita yang sudah kawin ( QS al-Tahrim/66 :11) atau menentang pendapat orang banyak (public opinion) bagi perempuan yang belum kawin (QS al-Tahrim/66:12).

Nasaruddin Umar mengatakan Al-Qur'an mengizinkan kaum perempuan untuk melakukan gerakan "oposisi" terhadap berbagai kebobrokan dan menyampaikan kebenaran ( QS al-Taubah/9 :71). Bahkan al-Qur'an menyerukan perang terhadap suatu negeri yang menindas kaum perempuan (QS al-Nisa'/4:75).

"Gambaran yang sedemikian ini tidak ditemukan di dalam kitab-kitab suci lain. Tidaklah mengherankan jika pada masa Nabi ditemukan sejumlah perempuan memiliki kemampuan dan prestasi besar sebagaimana layaknya kaum laki-laki," demikian Nasaruddin Umar.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1327 seconds (0.1#10.140)