9 Kalam Ulama tentang Fadhilah Sholawat, Nomor Terakhir Jarang Diketahui

loading...
9 Kalam Ulama tentang Fadhilah Sholawat, Nomor Terakhir Jarang Diketahui
Satu-satunya amalan yang langsung dibalas dengan rahmat Allah Taala adalah bersholawat. Foto/SINDOnews
Betapa banyak keutamaan sholawat diterangkan dalam Hadis Nabi. Para ulama terdahulu selalu menghidupkan sholawat dalam wirid hariannya.

Apalagi sholawat yang didasari dengan rasa cinta kepada Rasulullah SAW, niscaya lisan kita tidak akan pernah bosan bersholawat. Salah satu keutamaan sholawat diterangkan dalam Al-Qur'an sebagaimana firman Allah:

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersholawat (memuji dan berdoa) kepada Nabi ﷺ. Wahai orang-orang yang beriman bersholawatlah kamu ke atasnya serta ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS Al-Ahzab Ayat 56)

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah shollallohu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan bersholawat kepadanya sepuluh kali." (HR. Muslim)

Berikut ini 9 Kalam Ulama tentang keberkahan fadhilah sholawat dihimpun dari berbagai sumber:

1. Di akhir zaman tidak ada Amalan yang lebih baik daripada bersholawat kepada Rasulullah ﷺ. (Imam Abul Hasan Asy-Syadzilli)

2. Tidak tertolak sholawat atas Nabi Muhammad ﷺ. (Imam Ibnu Hajar As-Asqalani)

3. Semua dzikir tidak diterima kecuali dengan khusyuk dan hadir hatinya kecuali Sholawat, maka akan diterima meskipun tanpa khusyuk dan hadirnya hati. (Al-Hafizh Asy-Syaraji)

4. Dengan membaca Sholawat, seorang hamba dapat merahi keridhoan Allah, memperoleh kebahagiaan dan restu Allah, berkah-berkah yang dapat dipetik, doa-doa yang terkabulkan. Bahkan dia bisa naik ke tingkat derajat yang lebih tinggi, serta mampu mengobati penyakit hati dan diampuni dosa-dosa besarnya. (Syaikh Abdul Qadir Al-Jailani)

5. Siapa yang (merasa) tidak memiliki amalan sholat (sunnah) dan puasa (sunnah) yang banyak untuk menghadap Allah di hari Kiamat, maka hendaknya ia perbanyak membaca Sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad ﷺ. (Syaikh Ibnu Athailllah As-Sakandari)

6. Satu Sholawat dari Allah cukup untuk seorang hamba, dunia dan akhirat. (Al-Imam Al-Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad)

7. Jangan tinggalkan membaca Sholawat kepada Rasulullah ﷺ, karena bacaan Sholawat itu merupakan kunci segala kebaikan dan pintu segala keutamaan untuk agama, dunia dan akhirat. (Sayyid Muhammad bin Alwi Al-Maliki)

8. Barang siapa meneriakkan Sholawat di dunia maka para Malaikat (pun) berteriak sholawat untuknya di langit-langit tertinggi. (Syaikh Abdurrahman al-Shafuri asy-Syafi'i)

9. Barang siapa yang membaca "shollallohu 'alaa Muhammad" maka dia telah memiliki kunci 70 pintu rahmat. (Imam As-Sya'roni)

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد


Baca Juga: Macam-macam Sholawat dan Fadhilahnya, Yuk Amalkan!
(rhs)
preload video