3 Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Khasiatnya

loading...
3 Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah dan Khasiatnya
Surat Al-Insyirah lebih dikenal dengan sebutan Surah Alam Nasyrah yang kalimatnya terdapat di awal surat. Foto/dok fudadesign
Surat Al-Insyirah merupakan surah ke-94 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 8 ayat. Surat ini lebih dikenal dengan sebutan "Surah Alam Nasyrah" yang terdapat di awal surat.

Surat ini termasuk golongan surah Makkiyah dan memiliki arti kelapangan atau melapangkan. Menurut riwayat Ibnu Jarir, Asbabun Nuzul Surat Al-Insyirah berkaitan dengan perjalanan dakwah Nabi Muhammad SAW di Makkah yang diwarnai berbagai tekanan dan halangan dari kaum kafir Quraisy.

Akhirnya Allah menurunkan surah ini dengan tujuan menghibur dan menyemangati Nabi dalam mengemban misi dakwah. Sama halnya dengan surah lain dalam Al-Qur'an, Surat Al-Insyirah juga memiliki keutamaan dan khasiat.

Syaikh Muhammad Haqqi An-Nazili dalam Kitab Khazinatul Asror menyebutkan beberapa keutamaan Surah Al-Insyirah. Berikut keutamaannnya:

1. Dimudahkan Segala Urusan dan Diberi Rezeki Tak Terduga
Disebutkan siapa yang istiqamah membaca Surar Al-Insyirah setelah sholat fardhu, dia akan dimudahkan oleh Allah segala urusan dan mendapat rezeki yang tak terduga.

ن داوم على قراءتها دبر الصلوات الخمس يسر الله أمره وفرج همه ورزقه من حيث لا يحتسب

Artinya: "Barangsiapa membaca Al-Insyirah secara rutin setiap selesai sholat wajib, maka Allah akan memudahkan urusannya, menghilangkan kesusahannya dan Allah memberinya rezeki tanpa diduga-duga."

2. Melapangkan Dada
Seperti diketahui, Al-Insyirah memiliki arti melapangkan. Dengan membaca surah ini, setiap mukmin akan merasakan kelapangan dada. Apabila surat dibaca setelah selesai sholat, maka dapat menghilangkan gelisah, resah, kesulitan, dan dijauhkan dari rasa malas dalam beribadah.

3. Membuat Rasulullah SAW Gembira
Dalam asal-muasalnya, Surat Al-Insyirah merupakan surat penghibur bagi Rasulullah SAW ketika mendapat kesulitan dalam berdakwah di Makkah. Maka dari itu, membaca surah ini diumpamakan seperti mendatangi Nabi Muhammad SAW dalam keadaan susah sehingga beliau menjadi gembira.

Baca Juga: Keutamaan Surah Al-Insyirah, Penghibur Hati Rasulullah SAW

Wallahu A'lam
(rhs)
preload video