Surat Al-Qur'an untuk Anak Sakit dan Doa Rasulullah agar Cepat Sembuh

loading...
Surat Al-Quran untuk Anak Sakit dan Doa Rasulullah agar Cepat Sembuh
Surat Al-Quran untuk anak sakit bisa diamalkan para orang tua muslim, dan tidak diragukan lagi kebenarannya. Selain mengobati segala penyakit, Al-Quran juga menjadi pelindung manusia dari segala keburukan dan gangguan setan. Foto ilustrasi/ist
Surat Al-Qur'an untuk anak sakit bisa diamalkan para orang tua muslim, dan tidak diragukan lagi kebenarannya. Selain mengobati segala penyakit, Al-Qur'an juga menjadi pelindung manusia dari segala keburukan dan gangguan setan. Salah satu surat Al-Qur'an yakni Surat Al-Fatihah malah mendapat julukan As-syifa (penyembuh) karena keutamaan surat tersebut.

Surat Al Fatihah ini sangat dahsyat bahkan sudah mewakili ayat-ayat lain untuk keperluan penyembuhan atau ruqyah. "Surat Al-Fatihah merupakan penyembuh segala penyakit, melindungi dari segala bahaya, gangguan, godaan. Bahkan, bisa menjadi ruqyah," ungkap almarhum Syekh Ali Jaber, dalam kanal youtube-nya yang ditayangkan semasa ulama asal Madinah ini masih hidup.

Baca juga: Doa Minta Kesembuhan Menurut Al-Qur'an dan Hadis

Surat Al-Fatihah juga bisa menjadi obat, selain untuk diri sendiri juga untuk obat untuk menyembuhkan anak yang tengah sakit. "Biasakan anak-anak kita minum air yang sudah dibacakan surat Al Fatihah. Jangan menunggu kyai, ustadz, habib datang untuk membacakan Al Fatihah dalam air," tutur almarhum Syekh Ali Jaber.

"Baca 3 kali boleh, 1 kali boleh, 7 kali boleh. Habis itu tiup dalam air, boleh 3 kali. Setelah itu minum, kasih kepada anak-anak kita," kata Syekh Ali Jaber menjelaskan caranya.

Selain Surat Al-Fatihah, ada bebarapa ayat dalam Surat Al-Qur'an yang dianjurkan diamalkan untuk mengobati segala penyakit ini. Berdoa dengan ayat-ayat Al-Qur'an sangat dianjurkan karena di dalamnya terdapat keutamaan dan keberkahan. Berikut Surat Al-Qur'an untuk orang sakit:

1. Surah Al-Fatihah

Salah satu keutamaan Surah Al-Fatihah (surah pembuka Al-Qur'an) dapat menyembuhkan segala penyakit. Nabi bersabda bahwa Al-Fatihah adalah As-Syifa (penawar) dari segala racun. (HR At-Tirmidzi).

2. Surah Al-Ikhlas

Surat yang 'memurnikan keesaan Allah' ini memiliki keutamaan agung. Barangsiapa yang membaca surah ini dan diulang-ulang tiga atau tujuh kali atau lebih sesuai keperluan maka hal itu dapat menjadi obat baginya. Dengan keyakinan bahwa kesembuhan ada di tangan Allah dengan sebab keberkahan Al-Qur'an.

3. Surah Al-Mu'awwidzat (Al-Falaq dan An-Nas)

Surah Al-Falaq dan An-Nas adalah surah penutup dari Al-Qur'an. Dua surah ini memiliki fadhillah sebagai pelindung dari gangguan setan dan kejahatan manusia. Disebutkan dalam riwayat, "Tatkala aku menuntun kendaraan Rasulullah shallallahu '‘alaihi wa sallam dalam sebuah peperangan, tiba-tiba beliau berkata: "Wahai Uqbah, katakan aku pun mendengarkan, kemudian beliau berkata (lagi): "Wahai Uqbah, katakan," aku pun mendengarkan. Dan beliau mengatakannya sampai tiga kali, lalu aku bertanya: “Apa yang aku katakan?" Beliau pun bersabda: “Katakan
قُلْ هُوَ اللهُ أَحَدٌ
, lalu beliau membacanya sampai selesai.

Kemudian beliau membaca
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّالفَلَقِ
aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau membaca
قُلْ أَعُوْذُ بِرَبِّ النَّاسِ
aku pun membacanya bersamanya hingga selesai. Kemudian beliau bersabda: "Tidak ada seorang pun yang berlindung (dari segala keburukan) seperti orang orang yang berlindung dengannya (tiga surat) tersebut". (HR An-Nasai)

4. Surah Al-Isra' Ayat 82)

Ayat 82 Ayat ini ditafsirkan sebagai penyembuh hati dari semua penyakit, seperti keraguan, kemunafikan dan kebodohan. Juga akan menyembuhkan jasmani melalui bacaan ruqyah dengannya, dan hal-hal yang menjadi penyebab teraihnya rahmat Allah berkat keimanannya.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْآنِ مَا هُوَ شِفَاءٌ وَرَحْمَةٌ لِلْمُؤْمِنِينَ ۙ وَلَا يَزِيدُ الظَّالِمِينَ إِلَّا خَسَارًا


Wa Nunazzilu minal-Qur'aani maa Huwa Syifaa'uw wa Rahmatul Lil-Mu'miniina wa laa Yaziduzh-zholimiina illaa khosaaro.

"Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al-Qur'an itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (QS. Al-Isra: 82)

5. Surah Al-Anbiya Ayat 83

Ini merupakan doa Nabi Ayyub 'alaihissalam ketika mendapat ujian berat ditimpa penyakit. Beliau bermunajat kepada Allah Ta'ala dan diabadikan dalam Al-Qur'an:
halaman ke-1
preload video