3 Penyakit yang Merusak Peradaban Manusia, Nomor 1 Paling Berbahaya

Senin, 10 Oktober 2022 - 06:45 WIB
loading...
3 Penyakit yang Merusak Peradaban Manusia, Nomor 1 Paling Berbahaya
Di antara tiga penyakit hati yang memiliki bahaya paling dahsyat adalah hasad atau dengki. Foto ilustrasi/Ist
A A A
Di dalam jiwa manusia ada unsur energi negatif yang dapat merusak diri dan lingkungan sekitar. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat merusak peradaban manusia di akhir zaman.

Imam Al-Ghazali dalam Kitab Bidayatul Hidayah menuturkan bahwa tiga penyakit hati ini sangat berbahaya. Ketiga penyakit ini selalu muncul dari masa ke masa, dari zaman ke zaman.

Tiga penyakit yang dimaksud yaitu: (1) Hasad (dengki dan iri hati), (2) Riya (pamer), dan (3) Ujub (angkuh, sombong atau berbangga diri). Ketiga penyakit ini akan membawa kebinasaan terhadap diri dan menjadai penyebab sifat-sifat tercela lainnya.

"Dari ketiga penyakit hati itu yang memiliki dampak paling dahsyat adalah hasad atau dengki," kata Dr H Thobib Al-Asyhar, Dosen Psikologi Islam pada Kajian Timur Tengah dan Islam, Sekolah Kajian Stratejik Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) dalam khutbah Jumatnya beberapa waktu lalu.

Bahaya Hasad Bagi Peradaban Manusia
Mengapa Hasad sangat berbahaya? Hasad adalah klaster problem jiwa yang memiliki dampak luar biasa bagi kehidupan diri, lingkungan, bahkan peradaban masyarakat. Betapa banyak perkelahian, percekcokan, dan peperangan fisik dengan saling membunuh dan meniadakan, diakibatkan oleh munculnya sikap dengki dan iri hati.

Rasulullah SAW mengingatkan manusia untuk menghindari penyakit hati ini. Beliau bersabda:

اِياَّ كُم وَالحَسَدَ فَاِنَّ الْحَسَدَ يَاْ كُلُ الْحَسَنَاتِ كَمَا تَاْ كُلُ النَّارُ الحَطَبَ

Artinya: "Jauhkanlah dirimu dari hasad karena sesungguhnya hasud itu memakan kebaikan-kebaikan sebagaimana api memakan kayu-bakar." (HR Abu Dawud)

Hasad adalah kejahatan energi tersembunyi yang dapat membahayakan manusia. Allah menyuruh kita untuk meminta perlindungan-Nya dari sifat ini sebagaiman firman-Nya dalam Surat Al-Falaq: "Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki." (QS Al-Falaq ayat 5)

Janganlah Hasad, Rezeki Sudah Dibagi
Bagi orang beriman hendaknya menjauhkan diri dari sifat hasad. Caranya sebenarnya mudah, cukup mensyukuri apa pun yang Allah berikan. Apabila ditimpa musibah, tetaplah bersabar.

Jika yang lain diberi nikmat, tetaplah berfikir positif dan ikut bergembira karena Allah berkehendak menentukan urusan makhluk-Nya.

...نَحْنُ قَسَمْنَا بَيْنَهُمْ مَعِيشَتَهُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا...

Artinya: "Kami telah menentukan di antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia." (QS. Az-Zuhruf: ayat 32)

Allah telah menentukan rezeki bagi setiap hamba-Nya, masing-masing mendapatkan jatahnya, dan itu sudah menjadi sunnatullah. Seorang mukmin tidak perlu hasad dengan pendapatan orang lain. Dia Maha Bijaksana menjadikan seseorang kaya dan miskin.

وَلَا تَتَمَنَّوۡا مَا فَضَّلَ اللّٰهُ بِهٖ بَعۡضَكُمۡ عَلٰى بَعۡضٍ‌ ؕ لِلرِّجَالِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبُوۡا ؕ‌ وَلِلنِّسَآءِ نَصِيۡبٌ مِّمَّا اكۡتَسَبۡنَ‌ ؕ وَسۡئَـلُوا اللّٰهَ مِنۡ فَضۡلِهٖ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ بِكُلِّ شَىۡءٍ عَلِيۡمًا

Artinya: "Dan janganlah kamu iri hati terhadap karunia yang telah dilebihkan Allah kepada sebagian kamu atas sebagian yang lain. (Karena) bagi laki-laki ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan bagi perempuan (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan. Mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS An-Nisa ayat 32)

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)