Bumikan Alquran, MTQ Nasional ke-29 Digelar di Banjarmasin

Rabu, 12 Oktober 2022 - 15:15 WIB
loading...
Bumikan Alquran, MTQ Nasional ke-29 Digelar di Banjarmasin
Kegiatan pengamanan MTQ Nasional di Banjarmasin. Foto: Istimewa
A A A
BANJARMASIN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX 2022 yang digelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Menurut Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, peran umat Islam dalam mewarnai keberagaman Indonesia tak dapat dilepaskan dari spirit Alquran yang begitu membumi.

Alquran, dikatakannya begitu melekat dengan kehidupan bangsa Indonesia. MTQ kali ini pun mengusung tema Kita Tingkatkan Kualitas SDM yang Unggul dan Quran untuk Mewujudkan Masyarakat Relijius dan Moderat.



"Hal ini bisa dilihat dengan semaraknya pengajian-pengajian di musala, masjid, bahkan di rumah-rumah. Alquran adalah gerbang menuju pembentukan peradaban manusia seutuhnya," katanya, Selasa (11/10/2022).

Menag mengutarakan, mengenalkan Alquran kepada para calon penerus bangsa, telah menjadi tradisi dan budaya Nusantara. Salah satunya adalah penyelenggaraan MTQ.

"MTQ kini tak lagi sebatas kegiatan keagamaan, melainkan telah menjadi tradisi yang semua pihak ikut serta menyukseskan. Bahkan, saudara-saudara yang berbeda keyakinan ikut menjadi bagian pelaksanaannya," jelasnya.

Baca: MTQ Nasional Ke-29 Digelar di Kalimantan Selatan Oktober 2022

Sementara itu, Gubernur Kalimantan Selatan, Dr. (HC) Sahbirin Noor berharap, pelaksanaan MTQ Nasional XXIX 2022 berjalan lancar dan sukses.

"Semoga Kalimantan Selatan bisa menjadi tuan rumah yang baik dan memuaskan kafilah," ungkapnya.

Berbagai langkah dilakukan Pemprov Kalsel untuk menyukseskan penyelenggaraan MTQ ke-29, yang akan diikuti kafilah dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Pembukaan MTQ Nasional ke-29 berlangsung di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Penyelenggaraan MTQ Nasional merupakan kali kedua diselenggarakan di Banjarmasin. Sebelumnya, Bajarmasin menjadi tuan rumah MTQ ke-3 tahun 1970. Untuk tahun ini, segala persiapan telah dilakukan, termasuk menyambut qori dan qoriah dari 34 provinsi di Indonesia.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1370 seconds (0.1#10.140)