Tata Cara Sholat Sunnah Taubat Berikut Keutamaannya

Minggu, 30 Oktober 2022 - 06:30 WIB
loading...
Tata Cara Sholat Sunnah Taubat Berikut Keutamaannya
Sholat Sunnah Taubat merupakan salah satu amalan yang dicintai Allah Taala. Foto/Ist
A A A
Sholat sunnah Taubat merupakan salah satu sholat yang dianjurkan untuk memohon ampunan Allah atas dosa-dosa. Berikut ini tata cara sholat sunnah Taubat dan keutamaannya.

Setiap manusia tak ada yang luput dari dosa dan kesalahan. Salah satu ikhtiar yang dapat kita lakukan agar dosa-dosa kita diampuni Allah ialah Taubat Nashuha dan menjauhkan diri dari perkara dosa tersebut.

Keutamaan Sholat Taubat
Dari sekian banyak cara bertaubat, seorang muslim dapat mendirikan sholat sunnah Taubat 2 rakaat dan mengawalinya dengan niat Taubat Nashuha.

Keutamaan sholat sunnah Taubat ini diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib dan Abu Bakar As-Shidiq. Rasulullah SAW bersabda:

مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ، ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ لَهُ

Artinya: "Tidaklah seseorang melakukan dosa kemudian ia beranjak bersuci, melakukan sholat kemudian beristighfar meminta ampun kepada Allah kecuali Allah mengampuninya." (HR at-Tirmidzi, Ibnu Majah, Abu Dawud)

Tata Cara Sholat Sunnah Taubat
Sholat Taubat ini dikerjakan sebanyak 2 rakaat. Gerakan dan bacaannya sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Hanya saja, untuk sholat taubat dianjurkan secara munfarid atau sendirian.

1. Membaca Niat
Bacaan niat sholat taubat adalah sebagai berikut:

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatat Taubati rok'ataini lillaahi ta'aalaa.

Artinya: "Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul Ihram
3. Membaca Doa Iftitah
4. Membaca Surat Al-Fatihah
5. Membaca salah satu Surat dari Al-Qur'an
6. Rukuk
7. Iktidal
8. Sujud
9. Duduk di antara dua sujud
10. Sujud kedua
11. Bangun dan mengerjakan rakaat kedua
12. Tasahud Akhir
13. Salam.

Bacaan Doa
Setelah selesai melaksanakan sholat taubat, dianjurkan memperbanyak istighfar dan memohon ampunan kepada Allah. Berikut doanya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ ، لَا إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ ، أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمتِكَ عَلَيَّ ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ ، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ


Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Rabbku, tiada tuhan selain Engkau. Engkau yang menciptakan aku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian untuk taat kepadaMu dan janji balasan-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui nikmatMu kepadaku dan aku mengakui dosaku kepadaMu, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau."

Istighfar Pendek

رَبِّ اغْفِرْ لِي وَتُبْ عَلَيَّ إِنَّكَ أَنْتَ تَوَّابُ رَحِيْمٌ

Rabbigfirlii wa Tub'alayya, Innaka Antat Tawwabur Rahiim.

Artinya: "Ya Allah, ampuni aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha penerima taubat dan Maha Penyayang."

Baca Juga: Doa Setelah Sholat Taubat Nasuha Lengkap Latin dan Artinya

Wallahu A'lam
(rhs)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1704 seconds (10.55#12.26)