8 Dampak Maksiat yang Membahayakan di Dunia dan Akhirat

Senin, 31 Oktober 2022 - 07:30 WIB
loading...
8 Dampak Maksiat yang Membahayakan di Dunia dan Akhirat
Kerasnya azab dari Allah akibat maksiat hanya Allah yang mengetahui-Nya. Namun, pengaruh dan bahaya maksiat sudah dapat dirasakan. Foto ilustrasi/ist
A A A
Maksiat dan suka melanggar perintah Allah Subhanahu wa Ta'ala sangat membahayakan orang Islam di dunia dan akhirat. Kerasnya azab dari Allah akibat maksiat hanya Allah yang mengetahui-Nya. Namun, pengaruh dan bahaya maksiat sudah dapat dirasakan.

Di kitab 'ad-Da'u wa ad-Dawa' karya Imam Ibnul Qoyyim al-Jauzi, ada 8 akibat perbuatan maksiat yang membahayakan dan memberi efek negatif bagi kita. Karena itulah, kita harus wajib menjauhi dan meninggalkan maksiat secara totalitas. Bahaya akibat maksiat itu adalah :

1. Ilmu adalah sinar yang diletakkan Allah di dalam hati. Sedangkan maksiat yang memadamkan sinar tersebut.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Imam Ahmad dan Imam Tirmidzi, dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

"Sesungguhnya seorang mukmin, jika melakukan satu perbuatan dosa, maka ditorehkan di hatinya satu titik hitam. Jika ia bertaubat, berhenti dan minta ampun, maka hatinya akan dibuat mengkilat (lagi). Jika semakin sering berbuat dosa, maka titik-titik itu akan bertambah sampai menutupi hatinya. Itulah raan yang disebutkan Allah dalam Al Qur’an."



Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

كَلَّا بَلْ   ۜ  رَا نَ عَلٰى قُلُوْبِهِمْ مَّا كَا نُوْا يَكْسِبُوْنَ


"Sekali-kali tidak! Bahkan apa yang mereka kerjakan itu telah menutupi hati mereka."
(QS. Al-Muthaffifiin : 14)

2. Maksiat menghalangi rezeki

Dalam kitab Al Musnad diriwayatkan bahwa sesungguhnya seorang hamba akanterhalang dari mendapatkan rezeki karenadosa yang dia kerjakan.

Ketakwaan akan mendatangkan rezeki, sedangkan meninggalkannya akan mendatangkan kefakiran. Tidak ada sesuatu yang bisa mendatangkan rezeki yang semisal dengan meninggalkan kemaksiatan.

3. Menimbulkan rasa gundah dan gelisah di dalam hati

Hati yang selalu resah dirasakan oleh pelaku maksiat ketika menjalin hubungan antara dirinya dan Allah. Ia merasakan kegelisahan yang sama sekali tidak sebanding dengan kenikmatan yang ia dapat dari kemaksiatan.

Rasulullah Shallalahu 'Alaihi wa Sallam bersabda :

“Kebaikan selalu mendatangkan ketenangan, sedangkan kejelekan selalu mendatangkan kegelisahan.” (HR. Muslim)

4. Maksiat mendatangkan kesulitan

Orang yang bermaksiat akan selalu didatangi banyak kesulitan dalam hidupnya. Dirinya tidak akan mendapatkan pemecahan masalah kecuali akan datang kesulitan yang baru lagi. Berbeda dengan orang yang bertakwa. Allah selalu memberikan jalan keluar terbaik setiap ada masalah dan akan mendapat keringanan.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

وَمَا ظَلَمْنٰهُمْ وَ لٰـكِنْ كَا نُوْا هُمُ الظّٰلِمِيْنَ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2198 seconds (0.1#10.140)